Untuk Pertama Kalinya Seasonic Memperkenalkan 12 Pin Power Connector Untuk Next Gen Nvidia

Beberapa dari kalian mungkin sudah mengetahui tentang keberadaan next gen GPU dari Nvidia yang kabarnya tidak akan lama lagi kita akan bisa melihat dan membeli GPU terbaru itu, tetapi sebelum hadirnya next gen GPU dari Nvidia tersebut pastinya banyak sekali rumor bertebaran yang telah disebarkan oleh para leaker, hingga saat ini para leaker tersebut pun masih mencari tentang informasi yang lebih rinci mengenai next gen GPU dari Nvidia dan Radeon.

Bocoran dari para leaker pun hingga saat ini bisa dibilang sudah cukup banyak, dimulai dari Spesifikasi, lalu kapasitas memory pada GPU, dan yang paling besar yaitu penggunaan 12 Power pin pada Next Gen Nvidia. Pada awalnya publik sedikit terkejut tentang penggunaan 12 Power pin tersebut, karena hingga saat ini GPU terkuat pun seperti RTX 2080 Ti masih menggunakan 8X2 Pin Power.

Lalu pada Next Gen Nvidia khususnya versi Founders Edition, kabarnya akan menggunakan 12 Power Pin terbaru yang mana membuat publik sedikit bingung bercampur dengan terkejut, karena hingga saat ini belum ada vendor dari power supply yang menyediakan 12 Power pin, yang ada saat ini masih menggunakan 8×2 Pin power.

Lalu disinilah yang membuat para gamer dan para Pc builder dibuat khawatir, karena bagi mereka yang telah merakit Pc kesayangan mereka hingga menghabiskan puluhan juta mereka mau tidak mau harus merogoh kocek kembali untuk membeli Power supply yang support penggunaan 12 Pin power, ditambah lagi dengan pembelian GPU next Gen Nvidia yang berakhir pada pengeluaran 2 kali lipat lebih besar dari biasanya.

Tetapi kini sebuah Vendor Power Supply terkenal yang bernama Seasonic memposting sebuah Foto melalui web Tiongkok (Blibli) pada foto tersebut ada sebuah kotak dari kardus yang bertuliskan “Nvidia 12 Pin PCIe Molex Micro Fit 3.0 Connector”. Isi dari box tersebut yaitu sebuah 12 Pin Power adapter yang menggunakan 8×2 pin yang langsung dari PSU. Tetapi pada box tersebut terdapat keterangan “It is Recommended to use power supply rated 850 W or higher with this cable.” sepertinya penggunaan kabel tersebut dikhususkan untuk power supply yang mempunyai daya 850 Watt ke atas, bila kita lihat dari beberapa rumor yang telah tersebar RTX terbaru ini kabarnya akan mempunyai daya yang besar.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Namun setelah seasonic mengeluarkan kabel seperti 12 power pin adapter seperti itu menimbulkan beberapa pertanyaan, salah satunya yaitu, “Apakah vendor power Supply lainnya pun akan mengikuti langkah dari Seasonic, atau mereka akan langsung menyediakan power supply yang sudah mempunyai 12 Power pin ?” jadi untuk saat ini kita harus menunggu terdahulu apakah vendor lain mengikuti langkah yang diambil Seasonic atau tidak.

Selain itu ada suatu hal yang cukup menarik tentang 12 power pin dari Seasonic itu, dikutip dari Hardwareluxx, salah satu dari editor mereka yang bernama Andreas Schilling, memberikan foto komparasi antar 12 Pin power dengan 8×2 Pin Power yang mana pada foto tersebut 12 Pin Power yang diberikan oleh Seasonic mempunyai ukuran yang lebih kecil dari Power Pin yang biasa. Foto tersebut bisa kalian lihat dibawah ini :

Nah, menurut kalian apakah para vendor Gpu kedepannya akan menyediakan 12 Pin power GPU atau mungkin akan membuat “Adapter”nya saja ? Silahkan tulis pada kolom komentar yaa..


Baca lebih lanjut tentang Nvidia, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, MontirMonyet. 


For press release and further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version