Update 7.06f Untuk DOTA 2, Hampir Seluruh Hero Favorit di TI 7 Terkena Nerf

20882874 1706712259371372 7912173913936483858 n e1503277503812

Sudah persis 1 minggu setelah perhelatan turnamen E-Sport dengan total hadiah terbesar, yaitu The International 2017 selesai diadakan. Turnamen yang akhirnya dimenangkan oleh Team Liquid dengan skor meyakinkan di final 3-0 itu memang didominasi dengan hero-hero tertentu. Mengingat memang meta permainan sekarang kembali ke zaman 4 or 5 man fast pushing line up dilengkapi dengan DPS yang besar.

Oleh karena hal itu, hero-hero seperti Lycan, Venomancer, Necrophos dan juga Nature’s Prophet memang sangat wajar untuk bisa mencuat kembali ke permainan. Hero-hero tersebut memang bisa dibilang sangat cocok dengan meta yang sedang berlangsung sekarang dan itu terbukti dari bagaimana Liquid bisa memenangkan The International 7 tahun ini.

Namun seperti biasa, Valve tidak akan pernah diam dalam kondisi setelah The International. Salah satu pekerjaan rumah mereka setelah menjalankan event megah sebesar The International adalah menstabilkan kembali meta DOTA 2 yang pastinya sedikit banyak diperlukan agar bisa mengembalikan permainan yang dianggap adil oleh seluruh pemainnya.


Nah untuk Update 7.06f itu sendiri bisa dilihat dibawah ini:

* Mask of Madness: Armor reduction increased from -5 to -6
* Mask of Madness: Cooldown increased from 20 to 22
* Helm of the Dominator: Attack Speed Aura increased from 10 to 15
* Force Staff: Cast range reduced from 800 to 750
* Diffusal Blade: Agility reduced from 25/35 to 20/30

* Ancient Apparition: Ice Blast manacost increased from 100/125/150 to 150
* Bane: Base Strength, Agility and Intelligence increased by 1
* Bane: Nightmare cast point reduced from 0.5 to 0.4
* Batrider: Firefly manacost increased from 100 to 125
* Bloodseeker: Rupture manacost increased from 150/200/250 to 200/225/250
* Chen: Hand of God heal increased from 225/350/475 to 250/375/500
* Earthshaker: Fissure cooldown increased from 15 to 18/17/16/15
* Earthshaker: Enchant Totem manacost increased from 20/30/40/50 to 35/40/45/50
* Lich: Chain Frost no longer applies a ministun
* Lich: Ice Armor slow from 30% to 24/26/28/30%
* Lion: Earth Spike stun duration increased from 1.1/1.6/2.1/2.6 to 1.4/1.8/2.2/2.6
* Lion: Level 20 Talent changed from +8% Spell Amplification to +300 Finger of Death Damage
* Lycan: Howl no longer provides a net heal on buff application/loss (always maintains the same HP percentage now)
* Nature’s Prophet: Base movement speed reduced from 295 to 290
* Nature’s Prophet: Sprout flying vision reduced from 750 to 500
* Necrophos: Reaper’s Scythe cooldown increased from 90/80/70 to 100
* Necrophos: Ghost Shroud magic resistance penalty increased from -20% to -25%
* Nightstalker: Darkness duration reduced from 50 to 40
* Nyx Assassin: Base damage reduced by 3
* Puck: Illusory Orb flying vision reduced from 550 to 450
* Shadow Demon: Level 15 Talent from +8% Spell Amplification to +10%
* Shadow Demon: Level 15 Talent from +75 Cast Range to +100
* Skywrath Mage: Mystic Flare manacost reduced from 350/575/800 to 300/550/800
* Skywrath Mage: Level 15 Talent increased from +10% Spell Lifesteal to +15%
* Spectre: Haunt illusion damage increased from 30% to 40%
* Spirit Breaker: Base movement speed reduced from 290 to 285
* Sven: Stormbolt stun duration reduced from 2 to 1.7/1.8/1.9/2.0
* Sven: Warcry cooldown increased from 34/28/22/16 to 35/30/25/20
* Tiny: Toss manacost reduced from 120 to 90/100/110/120
* Tiny: Grow Scepter attack range bonus increased from 85 to 150
* Undying: Tombstone attacks required increased from 3/4/5/7 to 4/5/6/8
* Venomancer: Plague Wards vision reduced from 1200/800 to 800/800
* Windranger: Shackles duration increased from 1.5/2.25/3/3.75 to 2.0/2.6/3.2/3.8
* Windranger: Shackles cooldown increased from 12 to 18/16/14/12
* Winter Wyvern: Level 15 Talent increased from +20 Movement Speed to +35
* Winter Wyvern: Level 15 Talent increased from +50 Damage to +75
* Wraith King: Reincarnation cooldown reduced from 240/140/40 to 200/120/40
* Wraith King: Level 15 Talent increased from +15 Movement Speed to +30


Seperti yang sudah dibicarakan diatas, memang terlihat jelas bahwa hero-hero yang masih masuk kedalam meta sekarang seluruhnya terkena nerf yang cukup banyak dianggap bisa menstabilkan gameplay. Bahkan, hero seperti Tiny yang sebenarnya tidak terlalu banyak digunakan selama The International 7 pun terkena imbasnya, karena Tiny memang sangat cocok dengan meta sekarang.

Namun ditengah nerf yang berjatuhan dimana-mana, masih ada beberapa hero yang mendapatkan buff dalam permainan. Seperti contoh: Winter Wyvern, Lion, Chen dan juga Skywrath Mage yang mendapatkan peningkatan yang bisa dibilang lumayan untuk gameplay kedepannya. Tapi hal yang cukup membingungkan adalah Wraith King.

Dimana ia adalah hero yang masih cocok dengan meta sekarang dengan fast push lineup dan DPS yang besar, tapi entah bagaimana justru ia mendapatkan buff untuk skill ultimatenya yang dikurangi cooldownnya. Tak hanya itu, ia juga mendapatkan buff pada Talent level 15-nya perihal Movement speed. Dari hanya + 15 menjadi +30 yang notabene cukup besar.

Kalau kita juga kembali lihat diatas, 3 item yang cukup populer selama The International kemarinpun juga tak luput dari incaran patch dari Valve hari ini. Sebut saja Force Staff yang memang menjadi kunci kemenangan banyak tim pada turnamen ini yang cast rangenya diturunkan oleh Valve. Serta beberapa item lainnya seperti Mask of Madness dan Diffusal Blade yang mendapatkan nerf.

Banyak orang berpendapat bahwa update ini memang sudah wajar dilakukan Valve setiap tahunnya, dan hero-hero yang terkena dampaknya pun sudah bisa ditebak dengan mudah. Tapi pastinya seluruh update ini diluncurkan Valve demi kebaikan gamenya untuk menjadi lebih stabil dan juga pastinya para pemainnya di seluruh dunia.

Kalau menurut kalian sendiri, gimana nih update patch 7.06F dari DOTA 2 itu sendiri ? Apakah akan membawa dampak baik, atau malah malah membuat beberapa hero lainnya menjadi overpower ? Yuk kita bahas di kolom komentar dibawah ini!

Exit mobile version