Update Baru DirectX 12 Berikan Peningkatan Performa Gaming Lewat Resizable-Bar

Update Baru Directx 12

Microsoft pada tanggal 30 Maret lalu mengumumkan sebuah update pada DirectX 12 mereka, lebih tepatnya pada Agility SDK yang dilepas kepada developer untuk mengembangkan dua fitur yang sudah mereka sediakan di update kali ini.

Dua fitur ini jika bisa berjalan dengan baik pada implementasinya nanti mungkin akan memberikan peningkatan performa gaming secara signifikan untuk beberapa kasus. Seperti apa updatean kali ini, simak terus artikel berikut.

Update Baru DirectX 12 Agility SDK Bolehkan CPU dan GPU Akses VRAM Bersamaan

Update DX12 terbaru

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Microsoft mengenalkan dua API DX12 baru ke developer pada versi Agility SDK 1.710.0 (preview) yang membolehkan CPU dan GPU mengakses VRAM secara bersamaan sekaligus.Adapun dua fitur yang dimaksud bernama GPU upload heaps dan Non-normalized sampling.

Update kali ini memberikan akses VRAM pada CPU dan bisa digunakan secara bersamaan dengan GPU. Sehingga dalam prakteknya data yang perlu diolah oleh CPU tidak perlu lagi melewati berbagai tahapan jalur yang nantinya diharapkan akan meningkatkan performa gaming.

VRAM bisa diakses CPU dan GPU

Dengan VRAM yang sudah di-manage oleh Windows, mengeliminasi keperluan mengcopy dari dari CPU ke GPU dan mampu menaikkan performa. Fitur GPU upload heaps ini bisa bekerja untuk iGPU maupun GPU dedicated, dimana jika menggunakan kartu grafis dedicated, kalian harus menghidupkan opsi Resizable BAR via BIOS. Sedangkan untuk iGPU tidak diperlukan setting BIOS karena sejatinya jenis kartu grafis ini menggunakan unified memory alias sharing memory sistem.

Hampir Semua Vendor Kartu Grafis Sudah Siap Implementasi

Vendor kartu grafis mulai mengimplementasi

Microsoft juga menyebutkan jika dua dari ketiga vendor besar kartu grafis sebetulnya sudah benar-benar siap untuk mengadopsi fitur ini. Dari vendor NVIDIA sudah tersedia lewat Game Ready Driver dan Studio Driver versi terbaru (v531.41) pada kartu grafis berarsitektur Ampere keatas. Sedangkan untuk Intel sendiri sudah tersedia via Intel ARC Driver dan Iris Xe Graphics Driver v31.0.101.4255. Untuk vendor AMD sendiri perlu mengontak AMD alliance manager untuk mendapatkan akses lebih cepat ke DirectX 12 Agility API terbaru.

Fitur ini masih sangat baru dan belum menunjukkan dampak terhadap gaming secara real. Developer pun masih harus mencoba apakah fitur ini benar bisa menghasilkan peningkatan dan layak untuk diimplementasikan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version