Update Baru Final Fantasy X Remaster di Steam Hilangkan Fitur Bermain Offline

Screenshot 225

Timbulkan masalah baru

Sudah lama rilis sejak 3 tahun lalu di Steam, versi remaster dari game Final Fantasy X dan X-2 akhirnya baru saja kedatangan sebuah update patch baru. Tidak dijelaskan secara mendetil apa maksud dari update ini, Square Enix dalam patch note singkatnya nampak terlihat hanya berniat untuk membenahi beberapa bug yang bersifat minor saja.

Namun, inisiatif yang terlihat baik dari Square Enix itu justru malah menimbulkan suatu kontroversi bagi para gamer-gamernya.

Banyak dari mereka sangat tidak puas sampai menaruh banyak review negatif atas hasil patch terbaru yang telah Square Enix tanamkan pada game JRPG penuh drama tersebut. Wajibnya kamu untuk menyalakan internet demi memainkna Final Fantasy X/X-2 Remaster di sana adalah penyebab utama.

Menurut kesaksian yang sudah diutarakan oleh para gamer-gamer sakit hati tersebut, Square Enix dianggap telah seolah menambahkan adanya suatu piranti DRM baru yang memaksa setiap pemain untuk harus menyalakan koneksi internet agar bisa bermain.

Akan tetapi, berdasarkan analisa yang sudah dilakukan Durente selaku modder veteran di laman forum Resetera, ia menungkapkan bahwa hal ini sebenarnya hanyalah sebuah bug semata. Sehingga Square Enix seharusnya bisa berinisiatif untuk segera memperbaiki kembali masalah yang menjengkelkan ini.

Sekarang, banyak gamer sedang mengeksplorasi berbagai cara untuk bisa memainkan game Final Fantasy X/X-2 Remaster tanpa perlu harus ditodong oleh koneksi internet. Sebagian komunitas untungnya telah menemukan sedikitnya cara alternatif halal yang salah satunya adalah dengan melakukan downgrade patch. Dimana detil mengenai cara kerjanya bisa kamu lihat langsung di forum halaman Steam berikut.

Update 28 Maret 2019: Pihak Square Enix telah resmi melayangkan klarifikasi permohonan maaf atas masalah wajib online yang sudah para pemain alami. Update patch yang mengharuskan pemain untuk menyalakan koneksi internet telah dihapus dan dirollback kembali ke update versi sebelumnya. Namun, Square Enix sendiri dalam waktu dekat tetap berencana untuk menurunkan update perbaikan patch baru yang dijamin tidak akan lagi membebani para pemain dengan hal-hal semacam ini


Baca pula informasi ataupun kabar-kabar menarik lain seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version