Microsoft Mulai Berhentikan Update Driver Printer Pihak Ketiga, Jadi Lebih Teratur?

Update Driver Printer

Tampaknya Microsoft semakin berbenah di sektor driver dan salah satu yang akan mulai ditinggalkan di Windows terbaru adalah layanan third-party driver untuk printer. Padahal sebelum kalau kita ketahui, untuk memasang driver printer bukanlah hal yang simpel-simpel banget.

Apalagi kalau printer yang kita miliki adalah sebuah model lama. Kemungkinan untuk driver tersebut bisa berjalan di Windows terbaru sangatlah minim ataupun biasanya ada kendala aneh. Tapi, Microsoft sepertinya sudah mendapatkan solusinya untuk segala masalah rumit ini.

Update Driver Printer Third Party Mulai Dihentikan Microsoft

Microsoft mulai hentikan layanan driver pihak ketiga untuk printer

Dari artikel post resmi Microsoft, sejak Windows 10 21H2, OS tersebut sudah mendukung IPP Class Driver dan device printer yang mendukung Mopria-Compliant. Artinya apa? Artinya driver untuk printer tidak lagi disediakan oleh manufaktur printer itu sendiri dan bisa menggunakan driver bawaan dari Windows.

Ini juga berarti sebuah kemudahan bagi manufaktur printer karena tidak perlu lagi menyediakan driver khusus untuk setiap model printer mereka. Sedangkan bagi konsumen, manufaktur memang masih bisa memberikan aplikasi tambahan untuk fitur yang ingin mereka sematkan di printer.

OS dari Microsoft

Jadi nantinya konsumen yang ingin menggunakan fitur tambahan itu bisa mendownload dari Microsoft Store. Karena layanan driver ini langsung dari Microsoft, berarti kompatibilitas driver sudah bukan lagi masalah yang berarti selama model printer tersebut masuk dalam daftar.

Driver yang Sudah Ada Akan Tetap Tersedia

Driver yang sebelumnya ada masih bisa digunakan

Perlu diperhatikan, ini bukan berarti driver pihak ketiga tidak dapat digunakan. Hanya saja Windows Update tidak lagi memberikan pembaharuan untuk driver tersebut (selain update keamanan krusial) dan hanya berisikan driver pihak pertama dari Microsoft saja.

Ini berarti perjalanan menuju adaptasi keseluruhannya butuh proses yang lama. Microsoft menargetkan takeover ini akan dimulai sejak September ini hingga tahun 2027 nanti. Bagaimana menurut kalian brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version