Update Driver Terbaru AMD Berikan Pengurangan Daya Signifikan Pada VGA Radeon Terbaru

in , , ,
Amd Radeon Rx6000 Xda

Beberapa hari yang lalu, AMD dikabarkan telah merilis sebuah update driver terbaru mereka yang bernama AMD Adrenalin 21.4.1 untuk seluruh jajaran VGA milik AMD, termasuk yang terbaru yakni pada Radeon RX 6000 series. Pada update terbaru ini, AMD berikan sejumlah fitur terbaru dan pembaharuan pada aplikasi yang sebelumnya telah disediakan. Di antaranya seperti AMD Link yang memberikan akses ke para gamer untuk memainkan game PC via smartphone, tablet, dan TV. User interface yang semakin mudah untuk dikenal, color deficiency correction, dan sebagainya.

Tak hanya memberikan sejumlah update pada driver terbarunya, AMD juga dikabarkan telah memberikan sebuah penyempurnaan daya pada jajaran RX 6000 series. Dikutip dari Videocardz, update AMD Adrenalin 21.4.1 ternyata telah meningkatkan efisiensi daya pada seluruh jajaran VGA Radeon RX 6000 series.

Amd Adrenalin 21.4.1 Power Consumption
Sumber: Videocardz (via TechPowerUp)

Karena pada driver sebelumnya (21.3.2), ketika VGA Radeon RX 6700XT, 6800, 6800XT dan RX 6900 sedang dalam posisi idle (diam), mereka dapat menkonsumsi daya 20 W hingga 30 W besarnya. Namun pada saat update Adrenalin terbaru telah dirilis, kini seluruh vga di atas hanya memakan 5W hingga 10W saja saat posisi idle. Tak hanya dalam posisi idle, penggunaan media playback pun menunjukkan hasil yang cukup signifikan. Karena pada update terbaru ini, Radeon bisa memangkas daya sebesar 10W hingga 20W pada VGA Radeon RX 6700XT, 6800, 6800XT, dan 6900 yang semula dapat memakan daya 45W hingga 50W.

Dengan munculnya update driver seperti Adrenalin 21.4.1, semoga ke depannya AMD Radeon terus memberikan peningkatan performa pada VGA mereka terutama pada Radeon RX 6000 series. Mengingat di versi sebelumnya, beberapa pengguna Rx 6000 series mengeluhkan adanya masalah pada VGA mereka ketika memainkan kumpulan game seperti Cyberpunk dan Disco Elysium.


Baca lebih lanjut tentang AMD, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Daffa Dhiya

Written by Daffa Dhiya

Seorang Manusia yang lahir di bulan Desember, saat kecil sering memainkan game - game konsol, dan kini berpindah menuju PC dan mempunyai kesenangan terhadap Racing games, dan Adventure, Interactive games.