Update DXR Terbaru Janjikan Peningkatan FPS Ray Tracing

in , ,

Kehadiran Ray Tracing memang membawa sensasi baru dalam pengalaman kita bermain game. Namun, dibalik keindahan visualnya yang aduhai, ada biaya performa yang tidak sedikit. Performance hit tersebut bakal berefek lebih parah kalau GPU yang dipakai tidak memiliki dedicated ray tracing cores.

Namun hal tersebut nampaknya tidak akan berlangsung lama. Pasalnya, Microsoft kini dengan pembaharuan DXR terbaru mereka mengklaim performa GPU yang memproses ray tracing via DXR bakal meningkat.

Dikutip dari TechRadar, update DirectX Raytracing versi 1.1 yang membawa perubahan ini dirilis pada tanggal 28 Oktober lalu. Dalam update tersebut, Microsoft hadirkan 3 fitur utama yang menjadi sajian utama dalam peningkatan FPS ini.

Ketiga fitur tersebut adalah dukungan tambahan shader tambahan di PSO ray tracing, dukungan ExecuteIndirect untuk ray tracing, dan diimplementasikannya inline ray tracing. Intinya, ketiga fitur baru tersebut bakal meningkatkan efisiensi proses ray tracing pada GPU, yang ujung-ujungnya bakal naikin FPS kamu. Selain itu, update ini juga diharapkan bakal mempermudah implementasi ray tracing di game-game dan GPU berbasis DXR lain.

Oleh karena itu, kabar ini sekaligus juga menjadi angin segar bagi GPU AMD, yang kabarnya akan mendapat support DirectX Raytracing pada bulan Desember nanti. Pasalnya, tanpa adanya RT cores seperti halnya di GPU Nvidia, pastinya performa GPU tersebut bakal lebih inferior. Dengan adanya update ini, seenggaknya GPU dari tim merah bisa bersaing lebih baik dalam hal performa.

Tapi ingat, mengingat update ini baru dirilis buat developer kit, maka kita sebagai user/gamer masih harus bersabar untuk menunggu implementasi fitur ini, baik di game-game yang sudah hadir maupun yang akan rilis di waktu mendatang.

Source: TechRadar

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person