Update Firmware Versi 8.0.0 Hadirkan “Boost Mode” Membuat Nintendo Switch Semakin Kencang Performanya


Follow Us

Siapa sangka hanya PC saja yang clock speed dari prosesornya bisa ditambah. Hal tersebut tampaknya bisa diimplementasikan di konsol hybrid milik Nintendo, yaiu Switch. Menjadi konsol yang memiliki kemampuan handheld maupun konsol rumahan tentunya membuat perangkat tersebut dituntut untuk memiliki performa yang tangguh.

Nulis artikel dibayar

Dalam update yang tersedia minggu lalu untuk firmware Nintendo Switch yang kini memasuki versi 8.0.0 menghadirkan banyak pembaharuan, seperti software sorting function dimana memungkinkan pengguna untuk mengurutkan informasi-informasi menarik seperti game apa yang baru saja dimainkan, berapa lama waktu yang telah dimainkan hingga judul serta publisher dari suatu game maupun software yang terinstall di konsol tersebut. Selain itu juga ditambahkan fitur transfer save data antar konsol Nintendo Switch. Dari beberapa update ada satu yang tidak disebutkan secara gamblang dalam perubahan changelog 8.0.0 tersebut mengenai “boost mode“.

BACA JUGA  Trailer Terbaru Final Fantasy : Crystal Chronicles Remastered Tunjukan Berbagai Fitur Baru

Dikutip dari Gearnuke, salah satu engineer dengan akun Twitter @m4xw yang cukup lama berkutat di bidang emulator populer Retroarch mengungkapkan bahwa “boost mode” di channel Discrod-nya ini meningtkatkan performa dari prosesor Nintendo Switch yang kondisi awalnya berada di angka 1 Ghz, di update terbarunya ini menginkat 75% mencapai angka 1.75 Ghz untuk kecepatan prosesornya.

BACA JUGA  Nintendo Lihatkan Video tentang Alat Baru Switch yang Bisa Dihimpit dan Digoyang

Peningkatan kecepatan di angka tersebut ternyata membuat loading dari suatu game berjalan lebih cepat. Satu judul game telah di uji coba oleh pemilik akun dengan nama Brawl345 dalam sebuah thread di GbatempPemilik akun tersebut mencoba game The Legend of Zelda: Breath of the Wild dalam kondisi belum dan setelah update firmware ke versi 8.0.0. Berikut hasilnya :

  • Loading save file : 31 detik (sebelum update) -> 21 detik (setelah update)
  • Fast travel : 19 detik (sebelum update) -> 11 detik (setela update)
  • Memasuki shrine : 10 detik (sebelum update) -> 7 detik (setelah update)

Cukup menarik tentunya update firmware yang ternyata berpengaruh terhadap performa yang semakin kencang dari konsol hybrid ini. Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa Nintendo tidak menyebutkan secara gamblang bahwa mereka menambahkan pembaharuan ini ? atau ini hanya berpengaruh terhadap beberapa judul game saja ? Kita tentunya berharap game-game yang telah rilis di Nintendo Switch mendapatkan update juga dengan memanfaatkan kemampuan baru dari konsol hybrid tersebut.

BACA JUGA  Rune Factory 4 Special Remastered "Archival Edition" Akan Hadir di Nintendo Switch!

 


Mau baca artikel seputar Nintendo Switch hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item