Update Security Windows 10 akan Jadi Berbayar setelah Tahun 2025

Security Update Windows 10

Umur Windows 10 bisa dikatakan sudah akan mencapai masa ajalnya. Setelah Microsoft merilis Windows 11 dengan segala fitur AI-nya, versi pendahulu tersebut tampaknya akan perlahan dihentikan update-nya.

Pengguna memang masih akan mendapatkan update mayor 22H2 sebagai update terakhir di Windows 10. Dengan tambahan security update yang dijanjikan Microsoft sampai Oktober 2025 nanti. Apakah ini merupakan akhir dari Windows yang gantikan versi 8.1 beberapa tahun lalu?

Microsoft Rilis Layanan Update Security Windows 10 Berbayar Setelah 2025

Update keamanan Windows 10 akan berbayar setelah 2025

Microsoft masih memberikan kesempatan bagi mereka yang masih belum ingin pindah ke Windows 11, setidaknya untuk beberapa tahun kedepan. Meski tidak akan mendapatkan update fitur baru, security update yang merupakan komponen tidak kalah penting tetap bisa dinikmati sampai 14 Oktober 2 tahun kedepan.

Lalu bagaimana dengan mereka yang masih terus ingin menggunakan Windows 10 entah karena alasan kenyamanan atau tuntutan sistem yang tidak membuat mereka fleksibel berpindah OS?

Microsoft lewat blog mereka ungkap kalau pengguna masih bisa mengakses update security sampai dengan 2028 jika mereka membayar layanan berlangganan. Program ini bernama ESU atau Extended Security Update dan mirip dengan layanan zaman Windows 7.

Soal Harga Belum Diungkap Microsoft

Harga layanan ESU belum ditetapkan

ESU di Windows tersebut akan berisikan critical update atau bahkan security update pada umumnya. Perlu ditekankan kalau layanan ESU tidak berisikan update fitur baru dan dukungan teknis di luar ESU juga tidak akan tersedia.

Melalui Bleepingcomputer, Microsoft juga mengatakan untuk pertama kalinya update ESU akan tersedia untuk pengguna rumahan dan tidak terbatas untuk organisasi saja. Mengisyaratkan dukungan Microsoft untuk Windows ini masih cukup tinggi. Selain itu, tingkat adopsi versi Windows ini juga masih sangat tinggi yaitu diangka 68% dan jauh meninggalkan versi terbaru mereka.

Microsoft masih belum memberikan update berapa harga yang perlu dibayar pengguna untuk mendapatkan layanan ESU ini untuk sekarang dan baru akan diumumkan mendekati Oktober 2025 nanti. 


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version