[UPDATE] Whatsapp, Facebook, dan Instagram Ditutup Sementara untuk Hindari Penyebaran Hoax

in ,

[UPDATE]

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) – Wiranto akhirnya memberikan pernyataan resmi bahwa alasan down-nya akses-akses ke media sosial seperti Facebook, Whatsapp, dan Instagram memang disengaja untuk mengurangi penyebaran berita hoax di kalangan pengguna Indonesia. Dikutip dari Kompas hal ini sendiri baru saja disampaikan Wiranto di konferensi pers di Kantor Kemenkopolhukam di Jakarta siang tadi (22/5/2019).

“Untuk sementara, untuk menghindari berita bohong kepada masyarakat luas akan kita.. Akses di media sosial tidak diaktifkan untuk mencegah itu tadi, hal negatif yang bisa berdampak ke masyarakat,” Ucap Wiranto. “Ada skenario untuk membuat kekacauan, menyerang aparat keamanan, dan menciptakan antipati kepada pemerintahan yang sah,”.

Jadi untuk sementara memang kalian wajib berhati-hati dan tetap waspada terhadap penyebaran informasi yang masih memiliki resiko hoax dan pemalsuan yang memang terjadi lantaran Jakarta yang memang tengah dalam situasi yang kurang kondusif.


[BERITA ASLI]

Bila kalian adalah para pengguna aktif di website Facebook, ataupun layanan-layanan media sosial lain milik grup Mark Zuckenberg ini seperti Whatsapp dan Instagram mungkin kini tengah mengalami sedikit gangguan dengan beragam variasinya. Mulai dari feed dan stories Instagram yang tidak dapat dimuat, Begitu juga dengan Beranda Facebook yang tidak dapat memunculkan gambarnya, hingga Whatsapp yang tidak dapat mengunggah dan mengunduh gambar atau foto, dan bahkan whatsapp website yang tidak dapat diakses.

https://twitter.com/theastrid_/status/1131070857839763456

Ya, memang tidak ada pemberitahuan jelas mengenai down-nya media-media sosial ini. Namun yang pasti para netizen berbondong-bondong menuju media sosial lain seperti Twitter untuk menuturkan problem yang mereka alami dengan tagar #whatsappdown, #instagramdown, dan #facebookdown. Angka para pelapor ini pun terus naik sejak kurang lebih dari 2 jam yang lalu. Dari banyaknya tweet yang menggunakan tagar tersebut, terlihat bahwa mayoritas yang mengalami down tersebut adalah para pengguna dari wilayah Indonesia saja.

3 website milik grup Facebook ini tidak dapat diakses hingga sekarang (Jam 14:00 WIB)

Masih belum diketahui secara jelas apa penyebab dari down bersamaan dari media sosial milik Facebook ini. Yang jelas hal ini memang bukan yang terjadi pertama kali. Dan dengan adanya rumor bahwa keamanan di Whatsapp dan Facebook termasuk riskan terhadap serangan dan tidak aman untuk para penggunanya ada kemungkinan bahwa ini merupakan serangan ke grup Facebook ini.

Kami akan terus memantau perkembangan masalah Whatsapp, Instagram, dan Facebook down ini. Dan kami akan memberikan update bila ada informasi terbaru mengenai masalah ini.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Tech atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.