Update Windows Subsystem for Android Terbaru Hadirkan Akses ke Folder di Windows

update windows subsystem for android

Windows 11 memang sudah mendapatkan update untuk dukungan menjalankan aplikasi Android sejak 2022 silam. Hanya saja memang fiturnya masih terbatas untuk aplikasi yang mendukung saja serta fiturnya tidak lengkap seperti kita menjalankan operating system Android betulan.

Alhasil banyak yang menganggap kalau pengaplikasian yang dilakukan Microsoft terasa setengah hati. Karena banyak juga pengguna yang ingin mentransfer file media seperti gambar atau video ke sosial media via app android di WSA. Fitur ini sepertinya akan hadir tidak lama lagi karena sebuah update di Windows Insider Program menambahkan fitur itu dalam versi terbaru.

Update Windows Subsystem for Android Bolehkan File Transfer dan Akses ke Folder Windows

Windows Subsystem for Android izinkan akses file transfer dan folder

Kedepannya di Windows 11, WSA bisa mengakses file dan media yang tersedia di folder. Menurut situs Liliputing, fitur File Sharing ini akan secara default aktif nantinya dan pengguna tetap diberikan akses untuk menonaktifkan jika mereka dirasa tidak diperlukan.

Pengguna nantinya bisa melakukan drag and drop pada berbagai aplikasi Android yang memang mengizinkan. Tidak hanya itu, pengguna juga nanti bisa memindahkan file dari Android Subsystem ke Windows.

Windows Insider Program

Meskipun begitu, akses yang diberikan ke WSA tetaplah terbatas dan tidak mampu mengakses folder yang sensitif seperti file system Windows, folder drive eksternal, folder/file tersembunyi, file exe, hingga file user lain.

Pengguna Banyak Tidak Merasakan Manfaat dari Fitur WSA

Windows Subsystem for Android dirasa belum capai potensinya

Meski Microsoft terkesan serius dalam menggarap fitur ini, masih banyak yang mempertanyakan apa fungsi lebih praktis dari Android Subsystem yang wajib dimiliki oleh sebagian besar orang. Karena seperti yang kita ketahui kalau sekarang hampir setiap orang punya smartphone dan rata-ratanya adalah Android.

Jadi bisa dikatakan secara fungsi, fitur ini belum ada guna yang signifikan untuk pengguna Windows saat ini. Tapi, kita tidak tahu kedepannya akan seperti apa.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version