Ini Dia Urutan Timeline Cerita Serial Game Resident Evil yang Perlu Kamu Ketahui!

in , , , , , , , , ,
Resident Evil Timeline

Serial franchise Resident Evil telah berjalan 25 tahun sejak seri pertama game-nya rilis. Hingga saat ini (11/05), tercatat kurang lebih 26 game telah rilis di pasar game. Cerita dunia Resident Evil semakin kompleks dengan eksistensi perusahaan Umbrella, zombie dan para karakter utama yang sudah sangat terkenal dalam dunia video game.

Game terbaru dari perusahaan Capcom berjudul Resident Evil 8 Village kembali menghadirkan kisah karakter Ethan Winters dengan menghadapi masalah terkait Bio-Weapons dan trauma keluarganya yang terus mengantui mereka setelah insiden di game Resident Evil 7. Bagaimana semua hal tersebut bisa terjadi?

Berikut ini adalah urutan timeline cerita serial game Resident Evil yang perlu kamu ketahui. Ini akan sangat membantu kalian mengetahui secara garis besar cerita yang terjadi di game Resident Evil dari seri pertama hingga yang terbaru Resident Evil 8 Village. Daripada bingung dan penasaran, yuk kita mulai saja pembahasannya!

Resident Evil 0 (Zero)

Resident Evil 0

Resident Evil Zero menceritakan 2 karakter utama, yaitu Rebecca Chambers dan Billy Coen. Rebecca adalah pasukan kepolisian khusus bernama Special Tactics And Rescue Service (S.T.A.R.S), sedangkan Billy Coen adalah mantan angkatan laut militer dan dicap sebagai kriminal.

Cerita dimulai ketika kereta api dari perusahaan farmasi Umbrella tiba-tiba diserang oleh segerombolan lintah yang membuat para penumpang berubah menjadi zombie. Salah satu penumpangnya, yaitu Rebecca dan Billy mencari jalan keluar untuk bertahan hidup dari serangan lintah, zombie dan makhluk mengerikan lainnya.

Dalam perjalanan, mereka menemukan banyak sekali kebenaran terkait perusahaan farmasi Umbrella yang berkaitan dengan serangan lintah tersebut dan penelitian bio-weapon mereka di Spencer Mansion. Ya, rumah mewah yang menjadi lokasi utama di Resident Evil 1.

Resident Evil 1

Resident Evil 1

Mendapat kabar adanya aksi pembunuhan dan tindakan kanibalisme di pinggiran kota Raccoon City, pasukan S.T.A.R.S mengirim anggota tim mereka untuk menginvestigasi kasus ini. Dan ternyata kasus ini bukanlah kasus biasa yang pernah mereka hadapi sebelumnya.

Resident Evil 1 memiliki opsi 2 karakter yang bisa pemain pilih, yaitu Chris Redfield dan Jill Valentine. Tergantung karakter siapa yang kalian pilih, jalan cerita akan sedikit berbeda antara Chris dan Jill.

Secara garis besar, anggota S.T.A.R.S yang berhasil selamat dari serangan anjing liar memasuki sebuah rumah mewah bernama Spencer Mansion. Mereka adalah Chris Redfield, Jill Valentine, Barry Burton dan Albert Wesker. Ternyata keputusan mereka untuk menyelamatkan diri di mansion tersebut adalah malapetaka. Mereka menemukan banyak makhluk-makhluk hasil percobaan seperti zombie, ular raksasa, hiu pembunuh dan masih banyak lagi.

Mencoba untuk mencari tahu kaitan antara Spencer Mansion, perusahaan Umbrella dan kasus kanibalisme di pinggiran kota Raccoon City, mereka menemukan banyak kebenaran yang tidak terungkap secara publik. Apa yang terjadi di Spencer Mansion akan menjadi penentu nasib kota Raccoon City dan juga dunia.

Resident Evil 2

Resident Evil 2

2 bulan setelah insiden di Spencer Mansion, kota Raccoon City telah dipenuhi dengan makhluk-makhluk mengerikan seperti zombie. Resident Evil 2 berfokus pada karakter Leon S Kennedy dan Claire Redfield. Leon adalah anggota baru di kepolisian Raccoon City dan Claire sedang mencari saudaranya Chris Redfield yang menghilang setelah menyelesaikan misinya di Spencer Mansion.

Leon dan Claire berusaha untuk bertahan hidup dari serangan berbagai monster yang menimpa kota Raccoon City. Mereka juga menemukan rahasia dari perusahaan farmasi Umbrella yang menjadi penyebab terjadi insiden besar di kota tersebut.

Resident Evil 3: Nemesis

Resident Evil 3 Nemesis

Resident Evil 3: Nemesis berlangsung hampir bersamaan dengan Resident Evil 2. Namun karakter utama disini tidak saling bertemu karena Resident Evil 3: Nemesis terjadi beberapa menit atau jam melewati jalur yang dilalui Leon dan Claire.

Karakter berfokus pada Jill Valentine yang mendapatkan hukuman untuk tidak bertugas setelah insiden di Spencer Mansion. Insiden di Raccoon City membuat Jill harus mencari cara untuk bertahan hidup dari serangan monster dan keluar dari kota tersebut sebelum dihancurkan dengan serangan misil.

Resident Evil Outbreak dan Resident Evil Outbreak File #2

Resident Evil Outbreak

Sama halnya dengan Resident Evil 2 dan Resident Evil 3: Nemesis, kedua game ini terjadi bersamaan saat insiden Racoon City. Cerita berfokus pada beberapa karakter warga Raccoon City yang mencoba bertahan hidup dan keluar dari kota sebelum diledakkan.

Resident Evil Outbreak File 2

Outbreak 1 dan Outbreak File #2 merupakan game yang hampir sama. Bedanya hanya lebih terletak pada penambahan skenario, fitur dan beberapa penambahan yang ada di seri ke-2.

Resident Evil: Operation Raccoon City

Resident Evil Operation Raccoon City

Game ini merupakan penceritaan ulang dengan sedikit perbedaan yang terjadi pada insiden Raccoon City di Resident Evil 2 dan Resident Evil 3: Nemesis. Cerita berfokus pada 2 anggota khusus, yaitu tim Wolfpack dari pihak Umbrella dan Echo Six dari kelompok militer Raccoon City.

Tim Wolfpack bertujuan untuk menyelesaikan misi yang diberikan atasan mereka dari perusahaan Umbrella. Tugas mereka mulai dari mengamankan sampel penelitian virus hingga melenyapkan saksi mata seperti Leon dan Claire.

Sementara itu, Tim Echo Six bertujuan mencari tahu penyebab dari apa yang terjadi di Raccoon City dan berusaha menyelamatkan warga sipil dari amukan para zombie.

Game ini ada banyak kontradiksi dengan apa yang telah terjadi di game sebelumnya dan memiliki ending yang merupakan what-if scenario melibatkan karakter Leon dan Claire.

Resident Evil Survivor

Resident Evil Survivor

Salah satu game underrated dan menjadi game pertama dari serial Resident Evil yang menggunakan fitur utama First Person Shooter (FPS) jauh sebelum Resident Evil 7 dan Resident Evil 8 Village.

Cerita berlangsung setelah kota Raccoon City hancur di sebuah pulau pribadi milik perusahaan farmasi Umbrella bernama Pulau Sheena. Berfokus pada karakter yang hilang ingatan bernama “Vincent” setelah helikopter yang dia naiki jatuh diserang oleh orang misterius. Ternyata pulau tersebut telah dipenuhi berbagai monster hasil percobaan dari Umbrella.

Mencari tahu tujuan utama keberadaan dirinya di pulau tersebut dan identitasnya, “Vincent” menemukan banyak kebenaran terkait tujuan utama dari Pulau Sheena yang dimiliki oleh Umbrella.

Resident Evil Code: Veronica dan Resident Evil Survivor 2: Code Veronica

Resident Evil Code Veronica

Timeline Resident Evil selanjutnya adalah Resident Evil Code: Veronica. 3 Bulan setelah selamat dari insiden Raccoon City, Claire Redfield melanjutkan pencarian saudaranya Chris di salah satu cabang perusahaan farmasi Umbrella di kota Paris.

Kehadirannya tidak disambut baik oleh Umbrella yang pada akhirnya Claire ditahan dan dibawah paksa ke sebuah pulau penghuni penjara bernama Rockfort Island. Sekali lagi, Claire harus menghadapi monster-monster dari hasil percobaan Umbrella, bertahan hidup, menginvestigasi kebenaran dan keberadaan Chris.

Sementara itu, game Resident Evil Survivor 2: Code Veronica memiliki cerita yang sama. Bedanya game ini menggunakan fitur gameplay FPS seperti Resident Evil Survivor.

Resident Evil: Umbrella Chronicles dan Resident Evil: Darkside Chronicles

Resident Evil Umbrella Chronicles

Dua game ini perlu di-mention agar kalian tidak kebingungan. Secara garis besar, Resident Evil: Umbrella Chronicles dan Resident Evil: Darkside Chronicles menceritakan ulang insiden Resident Evil 1, Resident Evil 2 dan Residen Evil Veronica.

Resident Evil Darkside Chronicles

Tidak terlalu banyak perbedaan yang signifikan pada game ini, hanya beberapa penambahan lore dan skenario yang belum terungkap di game sebelumnya.

Resident Evil Dead Aim

Resident Evil Dead Aim

Meskipun game ini underrated, ternyata Resident Evil Dead Aim masuk dari timeline serial game Resident Evil. 4 tahun setelah insiden Raccoon City, sebuah kapal pesiar Spencer Rain menghadapi ancaman teroris yang memanfaatkan virus bio-weapon hasil penelitian Umbrella.

Bruce McGivern, anggota pasukan khusus Anti-Umbrella Pursuit Investigation Team mengentikan rencana teroris tersebut untuk menghindari insiden yang sama seperti Raccoon City.

Resident Evil 4

Resident Evil 4

7 tahun setelah insiden Raccoon City, Leon telah menjadi anggota khusus pemerintahan Amerika Serikat. Pada game ini, Leon ditugaskan untuk menyelamatkan anak Presiden Amerika Serikat bernama Ashley Graham di desa terpencil negara Spanyol.

Ternyata, misi Leon tidak berjalan semudah yang dibayangkan. Leon harus menghadapi warga desa disana yang telah terinfeksi dengan varian baru dari hasil penelitian dari peninggalan perusahaan Umbrella bernama Las Plagas.

Untuk yang ingin tahu mengenai Resident Evil: Mercenaries 3D, akan saya jelaskan secara singkat. Meskipun lokasi dan musuh pada game menggunakan aset Resident Evil 4, tapi game ini tidak ada kaitannya dengan timeline Resident Evil. Karena pada game ini lebih berfokus dengan gameplay yang mengharuskan para pemain meraih skor tertinggi.

Resident Evil Revelations

Resident Evil Revelations

Resident Evil Revelations berlangsung setelah Resident Evil 4 dan sebelum Resident Evil 5. Menceritakan aksi ancaman bio-teroris oleh kelompok bernama Il Veltro di sebuah kapal pesiar Queen Zenobia. Jill Valentine kembali beraksi sebagai anggota Bioterrorism Security Assessment Alliance (BSAA) bersama rekannya Parker.

Selama investigasi, Jill menemukan informasi bahwa Chris Redfield dan rekannya Jessica menghilang saat misi investigasi kelompok Il Veltro.

Resident Evil 5

Resident Evil 5

5 tahun setelah Resident Evil 4 berlangsung, Chris Redfield ditugaskan bersama rekan barunya Sheva Alomar menuju Kijuju yang berada di negara Afrika. Disana mereka menghadapi pasukan teroris yang telah terinfeksi Las Plagas.

Chris dan Sheva berusaha menghentikan aksi bio-teroris disana setelah mengetahui insiden ini ada kaitannya dengan Umbrella dan Albert Wesker.

Resident Evil Revelations 2

Resident Evil Revelations 2

Resident Evil Revelations 2 berlangsung setelah Resident Evil 5 dan sebelum Resident Evil 6. Cerita berfokus pada Claire Redfield bersama Moira Burton, anak dari Barry Burton yang diculik secara paksa oleh kelompok misterius. Mereka berada di sebuah pulau terpencil bernama Sejm Island yang dipenuhi dengan monster-monster hasil perkembangan penelitian mirip seperti Umbrella.

Claire dan Moira berusaha mencari cara menyelamatkan diri dari pulau tersebut. Sementara itu Barry Burton berusaha menyelamatkan anaknya dan juga Claire di Sejm Island.

Resident Evil 6

Resident Evil 6

Resident Evil 6 terbagi menjadi beberapa bagian cerita, yaitu Jake Muller bersama Sherry Birkin, Leon bersama Helena, Chris bersama Piers dan terakhir adalah Ada Wong. Masing-masing cerita karakter menunjukkan sebuah penyerangan aksi bio-teroris di berbagai tempat dan negara yang semakin frontal terhadap ancaman keselamatan warga publik.

Resident Evil Umbrella Corps

Resident Evil Umbrella Corps

Berlangsung di tahun yang sama dengan Resident Evil 6, Resident Evil Umbrella Corps menceritakan tentang agen militer dengan kode nama 3A-7. 3A-7 adalah anggota militer dari perusahaan Umbrella yang bertugas melakukan berbagai uji coba terkait penelitian perusahaan tersebut.

Resident Evil 7: Biohazard

Resident Evil 7

Timeline Resident Evil selanjutnya akan berfokus pada karakter baru kita Ethan. Kurang lebih 4 tahun setelah Resident Evil 6, karakter baru bernama Ethan Winters pergi menuju Dulvey, Louisiana, untuk menemukan istrinya Mia yang menghilang secara misterius. Tiba-tiba, Ethan mendapatkan pesan mengenai lokasi dan kondisi Mia yang berada di rumah Keluarga Baker.

Ternyata aksi penyelamatan Ethan tidak semudah yang dia bayangkan. Ethan harus menghadapi berbagai monster dan juga keluarga Baker yang tidak normal dan sudah bukan manusia lagi.

Resident Evil Village

Resident Evil 8

Game terbaru dari serial Resident Evil, yaitu Resident Evil Village atau Resident Evil 8 Village. Ethan Winters kembali menjadi karakter utama pada game ini. 3 tahun setelah dirinya dan Mia selamat dari insiden rumah Keluarga Baker, Ethan harus menghadapi masalah sulit lagi.

Istri Ethan, Mia, tiba-tiba dibunuh oleh Chris Redfield tanpa ada penjelasan jelas dari dia. Selain itu, anak pertamanya bernama Rose diambil paksa oleh Chris dan pasukannya. Pencarian Ethan menemukan Rose berakhir di sebuah desa terpencil di Transylvania, Romania. Sekali lagi, Ethan harus menghadapi makhluk-makhluk mutasi bersama dengan Mother Miranda dan anak buahnya demi menemukan Rose.

Ada media lain yang masih berhubungan dengan game Resident Evil, seperti manga dan film CG. Berikut franchise Resident Evil di berbagai media yang berhubungan dengan timeline serial utama:

Resident Evil Degeneration

Resident Evil Degeneration

Cerita berlangsung setelah insiden di Resident Evil 4. Pada film CG ini, Leon dan Claire berusaha menghentikan penyebaran virus bekas penelitian Umbrella yang terjadi di sebuah bandara publik.

Resident Evil Damnation

Resident Evil Damnation

Film CG ini mengambil cerita setelah Resident Evil 4 yang berfokus pada karakter Leon menghadapi aksi terorisme yang menggunakan virus Las Plagas.

Resident Evil The Marhawa Desire

Resident Evil The Marhawa Desire

Sebuah adaptasi manga dari franchise Resident Evil dengan cerita original. Manga ini mengambil setting cerita setelah Resident Evil 5, sebelum Resident Evil 6 dan setelah Resident Evil Damnation.

BIOHAZARD Heavenly Island

Biohazard Heavenly Island

Adaptasi manga kedua franchise Resident Evil dengan cerita original. Manga ini berkaitan langsung dengan Resident Evil: Revelations 2 dan Resident Evil: Umbrella Corps yang berlangsung setelah Resident Evil 6.

Resident Evil: Vendetta

Resident Evil Vendetta

Film CG ke-3 dari franchise Resident Evil. Sekali lagi ancaman bio-weapon dari teroris kembali mencuat. Leon, Chris dan Rebecca kembali dalam film CG ini untuk menghentikan ancaman dari para teroris tersebut. Film CG ini berlangsung setelah Resident Evil 6 dan kedua adaptasi manga.

Resident Evil: Infinite Darkness

Resident Evil Infinite Darkness

Sebagai tambahan, sebuah serial animasi CG Resident Evil: Infinite Darkness akan masuk dalam jajaran franchise serial ini. Belum ada informasi jelas mengenai hubungan adaptasi ini dengan timeline utamanya.

Menurut sinopsis, Resident Evil: Infinite Darkness akan mengambil cerita di tahun 2006. Itu berarti animasi CG ini mengambil cerita Setelah Resident Evil 4, film CG Resident Evil Degeneration dan sebelum Resident Evil 5.

Itulah timeline cerita serial game Resident Evil dari pertama hingga Resident Evil 8 Village. Telah banyak yang terjadi pada game ini terkait dengan bio-weapon, teroris dan juga sekitar perusahaan Umbrella.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Resident Evil atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Muhammad Faisal