Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap!

Shin Megami Tensei Timeline

Seri game JRPG populer buatan Shin Megami Tensei, memiliki banyak sekali daftar game yang telah rilis. Setiap game-nya memiliki plot cerita yang berbeda-beda tetapi masih seputar siklus kehancuran dunia dan membentuk kembali peradaban oleh banyak pihak termasuk para Protagonist. Karena siklus yang terus berulang, dunia baru akan selalu diciptakan terus dengan banyaknya pecahan garis timeline pada seri Shin Megami Tensei.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai timeline seri utama game Shin Megami Tensei secara keseluruhan. Informasi ini berfokus pada seri utama Shin Megami Tensei dan juga menjelaskan secara singkat beberapa faktor dalam dan luar dari insiden yang terjadi di setiap game-nya.

Sekadar mengingatkan, timeline ini berdasarkan pengalaman bermain saya, kumpulan informasi dari berbagai sumber dan forum diskusi yang saya temukan di internet. Kumpulan informasi tersebut berdasarkan pengalaman para gamer yang telah memainkan banyak judul Shin Megami Tensei dan saya merangkumnya sesimpel mungkin mengingat betapa luasnya lore pada game ini. Jadi ada kemungkinan beberapa urutan timeline game ini tidak sesuai dengan referensi aslinya.

Tambahan juga, timeline ini tidak termasuk dalam seri Devil Summoner, Persona, Digital Devil Saga, Devil Children ataupun Devil Survivor. Saya akan berikan informasi yang berfokus pada seri utama Shin Megami Tensei untuk mempermudah penjelasannya secara garis besar. Namun beberapa poin akan saya masukkan kaitannya antara seri utama Shin Megami Tensei dengan game lainnya.

Seperti apa timeline seri utama game Shin Megami Tensei? Yuk, kita mulai saja pembahasannya!

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler berat pada ending game seri Shin Megami Tensei.

Asal Usul Penciptaan Dunia Shin Megami Tensei yang Dikuasai oleh YHVH

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 23

Dunia dan seluruh alam semesta diciptakan dari sebuah proses yang tidak diketahui asal usulnya. Ketika dunia diciptakan, berbagai sosok penting berusaha menguasai dunia tersebut, yaitu:

Meskipun sebagai pencipta Amala Universe, The Great Will tidak menguasai sepenuhnya dunia yang dikuasai. Sehingga dunia tersebut dikuasai oleh banyak pihak seperti YHVH atau dipanggil Yehowah/Yahweh. The Great Will dan YHVH memiliki pendapat yang berbeda mengenai nasib dan takdir dunia.

The Great Will lebih sering bersifat pasif dalam beberapa game Shin Megami Tensei dan membiarkan dunia berjalan dengan sendirinya sesuai dengan takdir mereka. Sedangkan YHVH justru lebih aktif dan mengontrol dunia yang dikuasai sesuai kehendaknya.

Clan Kuzunoha Dibentuk

Ketika dunia diciptakan bersama dengan seluruh makhluk hidup beserta isinya, mereka hidup menjalani kehidupannya masing-masing. Beberapa kelompok manusia pun mengetahui eksistensi bagaimana dunia diciptakan dan sosok misterius yang menguasai dunia.

Maka dari itu, mereka menciptakan sebuah klan yang bertugas untuk melindungi umat manusia dari fenomena-fenomena supernatural dan berkaitan dengan makhluk-makhluk Demon. Klan tersebut bernama Kuzunoha dari Jepang yang dibentuk pada era Asuka (530-710 SM).

Loh, kenapa tiba-tiba lari ke seri Shin Megami Tensei: Raidou Kuzunoha? Ada alasan tertentu kenapa seri game ini berkaitan dengan seri utama Shin Megami Tensei. Kemudian, suatu ketika YHVH menjadi terpecah dalam beberapa fragment akibat dari Demon Mem Aleph. Pecahan tersebut menyebar di berbagai lokasi dan berbagai dunia.

Kembali mengenai Kuzunoha, tepatnya pada game Shin Megami Tensei Devil Summoner 2: Raidou Kuzunoha vs King Abaddon, banyak dugaan ending Alignment pada game ini menciptakan timeline baru pada beberapa game. Ending Neutral akan menuju timeline Shin Megami Tensei: if dan berlanjut ke seri Persona. Ending Chaos akan berpengaruh pada timeline Shin Megami Tensei III: Nocturne. Sementara itu, ending Law menciptakan dunia Shin Megami Tensei pertama.

Simak informasi timeline Shin Megami Tensei di halaman selanjutnya.

Timeline Shin Megami Tensei

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 24

Pada insiden Shin Megami Tensei, Protagonist dapat memilih akhir cerita yang menentukan nasib dunia dan umat manusia. Dengan alat COMP yang didapatkan Protagonist dari pria misterius meggunakan kursi roda, berpetualang di dunia yang brutal bersama teman-temannya.

Pada game ini YHVH berencana untuk membuat sebuah dunia bernama The Millennium Kingdom. Dunia tersebut merupakan dunia idaman dimana semua makhluk dapat hidup dengan damai dengan bimbingan para God. Ada 3 ending berdasarkan sistem Alignment yang dapat pemain pilih, yaitu Law (berpihak dengan YHVH), Chaos (berpihak pada Lucifer) dan Neutral.

Jika Protagonist memilih berpihak pada YHVH, dia akan membasmi semua demon dan membantu YHVH menciptakan The Millennium Kingdom. Jika dia berpihak pada Lucifer, maka dia akan membasmi semua Angel dan para Old God yang ditelantarkan oleh YHVH. Sementara untuk ending Neutral, Protagonist bersama teman-temannya membasmi semua musuh umat manusia, baik itu YHVH beserta anak buahnya dan Lucifer beserta para Demon dan Old God. Dunia akan dikendalikan oleh manusia sendiri tanpa campur tangan mereka.

Insiden Shin Megami Tensei: Nine

Disaat Tokyo mengalami kekacauan dan membuat umat manusia harus mengungsi di tempat pengungsian, mereka mencoba untuk bertahan hidup dari serangan monster dan makhluk mistis. Diketahui game ini terjadi bersamaan di awal pertengahan cerita Shin Megami Tensei yang pertama.

Pada saat itu, manusia memiliki sebuah hiburan di dunia Virtual bernama Idea Space. Namun, dunia virtual tersebut diserang oleh para Demon yang disebut dengan “Noise”. Mereka satu per satu menyerang Avatar manusia dalam dunia Virtual tersebut.

Sang Protagonist diajak untuk bergabung pada suatu organisasi sebagai Debugger untuk memperbaiki dunia Virtual dari serangan para Demon. Dan ketika insiden kehancuran kota Tokyo pada game Shin Megami Tensei pertama terjadi, Protagonist berhasil selamat. Tubuh aslinya berada di sebuah kapsul penyelamat, sementara jiwanya masih terkoneksi pada Idea Space.

Game ini menghadirkan banyak ending sesuai sistem Alignment. Pada akhirnya sang Protagonist bersama beberapa temannya kembali ke dunia dimana kota Tokyo Millenium telah dibentuk.

Insiden Shin Megami Tensei: Imagine

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 25

Ending Neutral Shin Megami Tensei pertama kemudian dilanjutkan dengan salah satu seri utama Shin Megami Tensei, yaitu Shin Megami Tensei: Imagine. Apapun ending yang dipilih pemain pada game ini akan berakhir dengan para survivor dalam kehancuran dunia yang disebut dengan “Great Catalysm”. Insident tersebut terjadi pada tahun yang tidak dijelaskan secara detil, yaitu tahun 20XX.

Simak informasi timeline Shin Megami Tensei di halaman selanjutnya.

Insiden Shin Megami Tensei 20XX

Semua bermula pada game Shin Megami Tensei 20XX Devil’s Colloseum, dimana 2 bersaudara laki-laki dan perempuan hidup di sebuah tempat yatim piatu bernama Silent Night. Suatu ketika sang adik perempuan dirasuki oleh Lucifer dan mengirim tempat Silent Night bersama saudara laki-lakinya pada sebuah tempat labirin gelap yang penuh dengan monster.

Sang lelaki kemudian bertemu dengan sosok pria menggunakan kursi roda dan memberikannya sebuah alat COMP untuk bertarung. Dengan alat tersebut, dia pun berpetualang di labirin dan menyelamatkan adik perempuannya. Dari beberapa pilihan ending, diketahui tidak sang adik perempuan tidak dapat diselematkan oleh sang saudaranya.

Kemudian dilanjutkan dengan Shin Megami Tensei 20XX, menceritakan kota Tokyo yang tiba-tiba dipenuhi oleh makhluk Demon. Duta besar Amerika Serikat menggunakan senjata Intercontinental Ballistic Missile atau ICBM untuk memusnahkan semua Demon yang ada termasuk kota Tokyo sendiri.

30 tahun kemudian, peradaban manusia sudah mulai membaik berkat organisasi Order of Messiah. Sang Protagonist yang tinggal di tempat kumuh di kota Tokyo Millennium mendapatkan sebuah alat COMP dan Beast Ring dari orang yang sama pada game Shin Megami Tensei sebelumnya. Pria tersebut memberikan instruksi bahwa kebebasan umat manusia akan terancam oleh suatu organisasi bernama Center dan meminta sang Protagonist untuk menguasainya dengan menjadi semakin kuat.

Ada 4 rute ending pada game ini, namun ending yang mempengaruhi game Shin Megami Tensei selanjutnya adalah ending Law. Ending ini berakhir dengan Protagonist bekerja dibawah naungan Center. Organisasi tersebut memiliki sebuah rencana berupa Chimera Project yang merupakan proyek bagaimana Protagonist Shin Megami Tensei II bernama Aleph diciptakan.

Timeline Shin Megami Tensei II

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 26

Shin Megami Tensei II terjadi puluhan tahun kemudian setelah insiden Shin Megami Tensei pertama ending Neutral terjadi. Game ini berfokus pada karakter Protagonist bernama Aleph untuk menyelamatkan umat manusia dimana kondisi mereka di Tokyo Millennium sudah semakin sulit akibat berbagai masalah dan serangan Demon.

Sementara itu, akhir cerita dunia Shin Megami Tensei II berhenti sampai di sini. Tidak diketahui secara jelas ending canon seperti apa yang terjadi pada dunia tersebut. Namun pada ending Neutral, Aleph berhasil menyelamatkan umat manusia dengan membunuh YHVH. Sebagai hukumannya, YHVH memberikan dia kutukan berupa dosa besar atas apa yang telah dia lakukan dalam menyelamatkan umat manusia.

Simak informasi timeline Shin Megami Tensei di halaman selanjutnya.

Awal Mula Insiden Shin Megami Tensei III: Nocturne

Sebelum ktia mulai membahas timeline Shin Megami Tensei III: Nocturne, mari kita kembali lagi ke game Shin Megami Tensei Devil Summoner 2: Raidou Kuzunoha vs King Abaddon. Pada ending Chaos, peran YHVH dalam menguasai dunia digantikan oleh Kagutsuchi. Kagutsuchi adalah sosok yang menjadi siklus perputaran bulan yang menjadi elemen penting dalam Shin Megami Tensei.

Chaos ending pada game Shin Megami Tensei Devil Summoner 2: Raidou Kuzunoha vs King Abaddon menjadi awal mula dimulainya siklus kehancuran dunia yang terjadi pada game Shin Megami Tensei III: Nocturne.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Timeline Shin Megami Tensei III: Nocturne

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 27

Cerita dimulai ketika Protagonist (Demi-Fiend) akan menemui teman dan gurunya di rumah sakit. Namun tiba-tiba dunia mengalami kehancuran yang disebut dengan Conception dan mulai dipenuhi berbagai makhluk mistis seperti Demon, Angel dan masih banyak lagi. Protagonist mendapatkan sebuah kekuatan misterius bernama Magatama dari anak misterius bersama perawatnya yang dapat mengubah Protagonist menjadi Demon.

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 28

Selanjutnya saya akan menjelaskan kelanjutan dari nasib dunia Nocturne yang memiliki banyak pengaruh pada game selanjutnya. Harap diingat, timeline game ini saya ambil pada versi yang menghadirkan karakter Raidou Kuzunoha, bukan Featuring Dante from Devil May Cry.

Demi-Fiend Rute True Demon

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 29

Jika Protagonist mengambil rute True Demon, maka dia akan bekerja dibawah kepemimpinan Lucifer. Dia akan melaksanakan berbagai tugas dari Lucifer sampai harus menjelajahi dunia lain sebagai musuh di Shin Megami Tensei: Imagine dan Shin Megami Tensei: Digital Devil Saga.

Karena suatu hal, Lucifer membunuh Demi-Fiend pada rute True Demon. Hal ini diketahui ketika dia dikirim di dunia Diamond Realm pada game Shin Megami Tensei lain yang akan saja jelaskan nanti.

Demi-Fiend Rute Freedom

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 30

Jika Protagonis mengambil rute Freedom, maka dia akan mengembalikan kondisi dunia seperti semula dan mengalahkan Kagutsuchi. Banyak yang menduga dunia yang telah diselamatkan oleh Protagonist berlanjut di game mobile Shin Megami Tensei Liberation Dx2. Pernyataan ini masih belum dipastikan apakah benar atau tidak.

Teori Aleph Muncul di Nocturne

Salah satu nasib Aleph selaku Protagonist dari Shin Megami Tensei II pada rute Freedom membuat dirinya mendapatkan kutukan. Kutukan ini berasal dari YHVH karena telah melanggar perintahnya. Akibatnya, Aleph menerima dosa besar dengan merasakan hidup abadi dimana dia akan mati dan hidup kembali dalam sebuah siklus yang terus berlanjut. Begitu juga dengan dirinya harus melihat dunia berulang kali hancur dan diciptakan kembali.

Karakter bernama Jyoji Hijiri di Nocturne mengungkap bahwa dirinya mendapatkan hukuman berat mirip seperti Aleph. Gamer menduga bahwa Hijiri adalah renkarnasi dari Aleph yang mendapatkan kutukan dari YHVH. Maka apapun yang terjadi pada ending Nocturne, Hijiri/Aleph akan tetap hidup dalam keabadian.

Simak informasi timeline Shin Megami Tensei di halaman selanjutnya.

Timeline Shin Megami Tensei: Synchronicity Prologue

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 31

Shin Megami Tensei: Synchronicity Prologue adalah sebuah game limited di Jepang dalam perayaan 25 tahun seri Megami Tensei dan mempromosikan game Shin Megami Tensei: Strange Journey Redux.

Game ini berfokus pada petualangan Demon Jack Frost bersama temannya Jack O Lantern dalam mencari jati diri. Akhir game ini mempertunjukkan berita mengenai sebuah portal dimensi yang ada di Antartika dan dibentuknya tim Schwarzwelt Joint Project. Ini menunjuk kepada game Shin Megami Tensei: Strange Journey dan Redux.

Timeline Shin Megami Tensei: Strange Journey dan Redux

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 32

Umat manusia berada dalam sebuah ancaman. Sebuah portal dimensi bernama Schwarzwelt terbuka di Antartika. Portal tersebut dihuni oleh berbagai makhluk mistis seperti Demon dan Angel.

Pada awalnya portal tersebut memiliki ukuran kecil, namun lama kelamaan semakin membesar. Untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran, umat manusia membentuk tim penjelajah Schwarzwelt Joint Project untuk mengamati dan mencari cara untuk menutup portal tersebut.

Protagonist dan tim pasukannya menjadi salah satu yang berhasil masuk ke dalam Schwarzwelt. Mereka mendapatkan program khusus pada Demonica Suit untuk mengendalikan makhluk Demons dan Angel agar dapat bekerja sama dalam pertempuran.

Shin Megami Tensei: Strange Journey versi original memiliki 3 ending sesuai dengan sistem Alignment, yaitu Law, Chaos dan Neutral. Namun apapun ending pada game ini akan mempengaruhi jalan cerita pada Shin Megami Tensei: Strange Journey Redux akibat adanya orang dari masa depan kembali ke masa lalu.

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 33

Shin Megami Tensei: Strange Journey Redux memiliki cerita hampir sama dengan versi sebelumnya dengan banyak konten baru seperti ending dan karakter baru bernama Alex. Alex adalah orang dari masa depan yang kembali ke masa lalu untuk menghentikan Protagonist dan teman-temannya. Background cerita Alex bergantung dengan kondisi Alignment pemain dapatkan.

Ending Neutral yang terjadi pada Shin Megami Tensei: Strange Journey akan menciptakan kondisi dimana dunia akan dikuasai oleh peradaban manusia. Meskipun tidak diketahui secara pasti apakah Strange Journey merupakan prekuel atau berasal dari dunia yang sama dengan Shin Megami Tensei IV atau tidak.

Banyak yang menduga bahwa kedua game tersebut berasal dari dunia yang sama. Hal ini dibuktikan dengan adanya armor suit yang sangat mirip atau bahkan merupakan armor dengan teknologi sama dengan Demonica Suit yang ada di Strange Journey.

Sementara ending Neutral versi Shin Megami Tensei: Strange Journey Redux diduga berlanjut pada game Shin Megami Tensei Devil Hunter Zero.

Simak informasi timeline Shin Megami Tensei di halaman selanjutnya.

Timeline Shin Megami Tensei IV dan Apocalypse

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 34

Shin Megami Tensei IV disebut berada di dunia yang sangat berbeda dengan seri lainnya. Hal ini diungkap sendiri oleh developer Atlus. Meskipun game ini menghadirkan armor yang sangat mirip dengan Demonica Suit di Strange Journey. Jadi berdasarkan pernyataan developer Atlus, kita asumsikan saja bahwa Shin Megami Tensei IV memiliki dunia yang berbeda dengan seri lainnya dan juga Strange Journey.

Sebelum insiden game ini dimulai, salah satu karakter penting bernama Akira menjadi sosok penting menentukan nasib dunia. Apa yang terjadi pada Shin Megami Tensei IV dan Apocalypse berasal dari Akira versi Aligmnent Neutral yang berhasil mengambil keputusan untuk berusaha keras menyelamatkan saudarinya. Sementara 2 versi lainnya, yaitu Law dan Chaos memiliki variasi yang berbeda dengan kondisi Akira dan dunia.

Akira versi Law menjadi seorang survivor di dunia yang telah hancur akibat ICBM dan menjadi seorang pemimpin dengan para survivor lainnya. Sementara itu versi Chaos, Akira menjadi sosok Demon yang mendapatkan kekuatan akibat keputusasaan karena gagal menyelamatkan saudarinya.

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 35

Sama dengan seri lainnya, Shin Megami Tensei IV memiliki ending berdasarkan rute Alignment yang akan dipilih pemain. Namun ketiga ending original pada game berbeda dengan apa yang terjadi dalam Shin Megami Tensei IV : Apocalypse. Itu karena game sekuel ini mengambil setting alternate reality dari rute Neutral.

Munculnya Protagonist/Nanashi berkat dibangkitkan kembali dari kematian oleh Dagda, membuat semua ending pada game original bahkan ending Neutral tidak pernah terjadi. Diketahui bahwa Nanashi sendiri adalah renkarnasi dari Akira versi Neutral. Bergantung pada keputusan yang diambil pemain, game ini menghadirkan ending yang sangat berbeda dengan prekuelnya. Apakah dia akan menyelamatkan dunia beserta seluruh makhluk hidup yang tinggal atau justru menjadi seorang kreator yang mengendalikan dunia.

Konten DLC Shin Megami Tensei IV Apocalypse

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 36

Pada salah satu konten DLC Shin Megami Tensei IV Apocalypse, menghadirkan para Protagonist sebelumnya dari seri Shin Megami Tensei pertama hingga Nocturne. Kemunculan mereka di sebuah tempat bernama Diamond Realm disebabkan oleh suatu pihak. Masing-masing Protagonist diketahui telah mati pada versi alternate ending yang berbeda pada game mereka.

Contohnya Protagonist Shin Megami Tensei pertama yang diketahui mati akibat ledakan ICBM pada rute Neutral versi Alternate. Sementara Aleph diduga mati akibat serangan Megiddo Ark dari musuh pada rute Law versi Alternate. Dan Demi-Fiend mati dibunuh oleh Lucifer pada rute True Demon yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

DLC ini tidak terlalu mempengaruhi ending game dan hanya sebagai fanservice untuk para penggemarnya.

Simak informasi timeline Shin Megami Tensei di halaman selanjutnya.

Timeline Shin Megami Tensei V

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 37

Sama halnya dengan Shin Megami Tensei IV, Shin Megami Tensei V berasal dari dunia yang berbeda dengan seri lainnya. Game ini tampaknya menghadirkan cerita dimana para God, God, Angel, Old God dan Demon berperang satu sama lain.

Protagonist menjadi pihak lain yang harus memilih nasib dunia berdasarkan sistem Alignment. Ending Law akan berakhir dengan manusia menuruti perintah dari God. Ending Chaos menciptakan dunia dimana manusia dan para God bebas mengambil keputusannya sendiri. Sementara Neutral dan True Neutral berakhir dengan Protagonist menghancurkan semua God dan Demon, menyisakan hanya ada manusia hidup di dunia.

Itulah informasi mengenai Timeline seri utama Shin Megami Tensei secara keseluruhan berdasarkan pengalaman saya bermain dan kumpulan informasi yang ada di internet. Dunia Shin Megami Tensei ini sangat ribet karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi perubahan timeline cerita dan adanya multiple ending dari sistem Alignment khas seri game-nya. Semoga informasi ini dapat membantu kalian memahami lebih dekat jalan cerita secara singkat dan koneksi seluruh seri utama Shin Megami Tensei.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Shin Megami Tensei atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via faisal@gamebrott.com

Exit mobile version