Usai Phantom Pain, Kojima Akui Tak Tertarik Lagi Kerjakan Game Tanpa Open-World

death stranding character reveal trailer feature

Menjadi salah satu game paling diantisipasi tahun ini, Death Stranding masih mengundang tanda tanya tipe game seperti apa yang Kojima coba perkenalkan. Bahkan dengan gameplay singkat yang diperlihatkan di Gamescom tahun ini, banyak orang masih menggaruk kepala dengan genre game ini.

Yang kita tahu pasti ialah game akan jadi open-world dengan beberapa elemen stealth dan banyak eksplorasi. Bicara soal open-world, Kojima curhatkan sedikit kepada website Jerman 4players apabila dia tidak dapat kembali lagi kembangkan game linear usai Metal Gear Solid V: The Phantom Pain.

“Setelah merasakan game aksi dengan open-world, kamu tidak bisa kembali ke hal lain lagi. Itulah yang saya pikirkan. Tentu ada banyak cara membuat video game. Game linear sebagai contohnya. Hanya saja, saya tidak bisa kembali lagi [ke game linear] usai melakukan game dengan dunia skala besar.”

Kojima sadar apabila open-world di Phantom Pain telah merusak aspek cerita yang merupakan aset terkuat dari seri Metal Gear. Game tersebut memang lebih difokuskan kepada kebebasan pemain dalam jalankan misi maka hal tersebut memang sengaja dilakukannya. Tetapi lewat Death Stranding, Kojima ingin memadukan kedua elemen tersebut dengan seimbang.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

“Tentu secara teknis sulit untuk membuat open-world. Pemain punya kebebasan penuh di game open-world. Maka dari itu, kamu tidak akan tahu apa yang pemain dapat lakukan di game. Pada konteks ini, storytelling di game open-world menjadi tantangan besar. Semakin bertambah kebebasan, berarti cerita terkadang menjadi penghalang. Di Phantom Pain, saya awalnya mencoba bereksperimen memulai game dengan sesi linear. Dan setelah sesi open-world terbuka, aspek cerita mulai memudar. Beberapa fans banyak yang tidak senang melihat cerita tidak menjadi fokus utama. Tetapi hal tersebut dilakukan dengan sengaja. Kali ini hal tersebut menjadi tantangan dan halangan terbesar: Ini [Death Stranding] ialah game open-world, tetapi di waktu yang sama kami tidak melupakan pentingnya cerita, maka dari itu fans game Kojima tidak akan kecewa.”

Death Stranding akan dirilis secara ekslusif untuk PS4 pada 8 November 2019 mendatang.


Baca pula informasi lain terkait Death Stranding, beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Exit mobile version