Valve Beri Komitmen untuk Perangi Fenomena Review Bombing di Steam

review bombing portada articulo startvideojuegos
Ciptakan sistem baru untuk menyortir review-review yang “ngawur”

Sebagai wujud dari kebebasan berpendapat, mengungkapkan suatu ulasan atau Review tentu harus didasari oleh adanya kesesuaian opini terhadap topik yang sedang diulas. Entah itu berbobot atau tidak, tak ada yang jauh lebih buruk dibanding mengungkapkan ulasan yang sangat OOT (out of topic) dengan intensi sengaja untuk menjatuhkan reputasi dari sang pembuat produk tersebut. Contoh yang biasa paling sering ditemui adalah fenomena Review Bombing di Steam.

Atas alasan apapun, sama sekali tidak dibenarkan apabila segala hal yang tidak berkenaan atau berhubungan dengan hasil penilaian game disampaikan dalam suatu wadah yang tidak semestinya disalurkan. Kejadian yang sempat menimpa developer Metro, 4A Games di beberapa waktu lalu telah menjadi satu contoh kasusnya. Demi mencegah kejadian tercela tersebut terulang kembali untuk kesekian kali, Valve kini berencana untuk semakin menegakkan suatu etika dalam menulis review yang tidak kebablasan.

Dilansir dari pengumuman yang baru-baru ini Valve serukan di halaman Steam, mereka telah menetapkan bahwa tindakan review bombing tak bisa mendapat tempat untuk ikut terpampang dalam kolom komentar review. Di sana, Valve akan menerapkan suatu sistem tool yang akan secara otomatis mendeteksi keberadaan review-review tak pantas guna dikerak atau dibuang langsung dari kolom review.

Terdengar cukup ambisius memang, namun sistemnya sendiri tentu tidak akan 100% melibatkan peran dari pihak algoritma pencarian saja. Ketika sistem menemukan adanya tulisan penggalan kalimat yang diindikasi merupakan bentuk review bombing, ia akan memberitahukan langsung kepada Valve untuk segera melakukan kroscek dan penindakan. Jika Valve menilai bahwa tulisan review yang dibawa oleh sistem ini sangat bermasalah, maka dalam sekitaran waktu periode bentuk review tak bertanggung jawab itu mengemuka, valve akan menghapus keseluruhan tulisan review yang beredar di waktu tersebut, bahkan tak terkecuali dengan review yang tergolong normal sekalipun.

Dengan melihat adanya sebagian kecil review wajar yang juga ikut dikorbankan, harus diakui ini memang menjadi satu efek samping yang mau tidak mau harus pihak Valve laksanakan demi memerangi tindak review bombing. Akan tetapi, untungnya Valve telah menegaskan bahwa review bombing sebenarnya hanyalah sebuah gangguan kerak yang tidak akan terlalu berpengaruh pada rataan hasil review score dari suatu produk game. Karena review-review normal yang muncul dalam periode waktu lain pun juga masih tetap bisa dilihat dan dibaca oleh para penikmat.

Contoh bentuk pemberlakuan

Valve mengidentifikasi bentuk review bombing langsung dari komentar-komentar review yang sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan keberadaan produk game itu sendiri. Namun yang membuatnya masih sedikit ambigu, kritik atau keluhan tentang perjanjian EULA  (End User License Agreement) dan DRM pun ternyata juga ikut diklasifikasikan sebagai tindak review yang tidak pada tempatnya.

Bagaimana menurutmu ? Apakah langkah yang dilakukan oleh valve dalam mengantisipasi ancaman review bombing ini tergolong tepat bagi kalian, atau justru sebaliknya ? Mungkin dari sini kalian bisa mulai belajar membangun adab yang baik dalam memanfaatkan fitur penulisan kolom review secara baik nan proporsional.

Sumber: Steam Community


Baca pula informasi lain terkait Steam, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

 

Exit mobile version