Valve Buka-Bukaan Soal Perkembangan Steam Deck

Valve Steam Deck

Beberapa saat lalu, Valve melalui kanal Youtube-nya, Steamworks Development,  buka-bukaan soal perkembangan Steam Deck ke depannya. Dalam live bertajuk Steam Deck Development Live Stream tersebut, pihak Valve membagikan banyak informasi terkait handheld computer tersebut.

Teknologi Serba Baru

Informasi tersebut di antaranya adalah system on chip (SoC) yang telah dipersiapkan kubu merah AMD untuk menambah performa Steam Deck. SoC tersebut memiliki codename Aerith dengan fabrikasi 7nm yang dibuat secara khusus untuk menjamin performa handheld computer ini tetap sangar.

Aerith diklaim mampu tawarkan performa yang stabil bahkan ketika digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, SoC eksklusif untuk Steam Deck ini juga diklaim menjamin kestabilan perangkat meski tidak dicolokkan ke power adapter sekalipun.

Selain itu, SoC Aerith tawarkan 4 cores dan threads dengan frekuensi 2,4-3,5GHz, dan dilengkapi dengan 8 RDNA computer units (CU). Grafis terintergrasi yang ditawarkan Aerith memiliki frekuensi 1-1,6GHz, dan akan diperkuat dengan kehadiran fitur FidelityFX Super Resolution (FSR).

Tidak lupa handheld computer ini dipersenjatai dengan memori 16GB LPDDR5 untuk semakin perkuat performa APU, dan lahirkan VRAM sebesar 1GB.

Berdasarkan live yang dilakukan oleh Valve, SoC yang dibuat khusus untuk Steam Deck ini berfokus memberikan clock speed yang konsisten. Meski membutuhkan TDP sebesar 15W, namun Aerith tidak memiliki maximum operating temperature layaknya prosesor pada umumnya.

Meski terkesan remeh, Valve menganggap bahwa ini merupakan permasalahan serius, bahkan sampai mendesak para pengembang game untuk menetapkan frame limit. Bila sang pengembang tidak memberikan frame limit, Valve secara sepihak akan menanamkan frame limiter secara paksa pada gamenya.

Yang mendasari Valve sampai bertindak sejauh ini adalah demi membuat Steam Deck dengan SoC Aerith tersebut menawarkan performa yang konstan. Bahkan, faktor alam seperti bila cuaca sedang panas, Steam Deck secara otomatis akan membatasi tingkat pengisian daya, kecepatan download, bahkan bandwidth SSD.

Selain buka-bukaan soal perkembangan Steam Deck, Valve menginformasikan bahwa mereka terpaksa menunda perilisan handheld computer tersebut ke bulan Februari 2022.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version