Valve Downgrade SSD di Steam Deck, Valve: Tak Ada Hubungannya dengan Performa

Valve Downgrade Ssd Di Steam Deck

“Sebenarnya, apa sih alasan di balik Valve Downgrade SSD di Steam Deck?”

Berdasarkan informasi dari HardwareLuxx, Valve Downgrade SSD di Steam Deck ini dilakukan secara diam-diam. Perubahan yang dieksekusi oleh pihak Valve, selaku pembuat handheld computer bernama Steam Deck ini akhir bulan Mei lalu.

Faktanya, ambisi Valve untuk distribusikan Steam Deck tampaknya benar-benar dilihatkan demi bolehkan gamers miliki handheld computer. Namun, downgrade yang dilakukan untuk PCI Express SSD secara diam-diam tersebut berhasil kecewakan banyak gamers yang masuk dalam antrian pembelian.

Masih berdasarkan HardwareLuxx, spesifikasi teknis dari Steam Deck untuk keluaran terbaru akan dipangkas konektivitasnya. Terutama untuk varian 256GB dan 512GB yang awalnya tertera hanya gunakan PCIe Gen 3 x4, kini harus ‘rela’ tawarkan alternatif PCIe Gen 3 x2.

Berbicara teknis, interface Gen 3 x4 dan Gen 3 x2 miliki selisih yang cukup masif bila gunakan kecepatannya secara total. Sama halnya dalam nilai, interface Gen 3 x4 mampu hasilkan 4GB/s, Gen 3 x2 hanya bisa tawarkan 2GB/s.

Meski Valve Downgrade SSD di Steam Deck, tapi pihaknya tegaskan ini tak ada hubungannya dengan performa. Menurut kami, selisih 2GB/s termasuk masif, terlebih bila kamu tengah gunakan aplikasi yang butuhkan banyak bandwidth.

Kami merasa bahwa alasan Valve Downgrade SSD di Steam Deck ialah demi dongkrak produksi lebih cepat supaya penuhi ekspektasi gamers. Namun, kami tak jamin ‘apa’ yang sebenarnya tengah direncanakan oleh Valve.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version