Valve Hadirkan Solusi Cross-Save Lewat Dynamic Cloud Sync untuk Steam Deck

3iYpjeqnfkE8PnuudWcPXS

Dari sekian banyaknya hal, kekhawatiran terbesar terutama bagi mereka yang menjadi “early adopter” atau pengguna awal Steam Deck adalah bagaimana cara save game bekerja, terutama jika game yang dimainkan di Steam Deck, kemudian ingin dilanjutkan untuk di PC. Untungnya, tak lama ini, Valve menjawab kekhawatiran itu lewat pengumuman sebuah fitur baru.

Dalam postingan terbaru di blog resmi mereka, Valve mengumumkan bahwa Steam Deck akan hadir dengan fitur anyar yang disebut Dynamic Cloud Sync. Valve menyebut jika fitur tersebut membawa pembaruan terhadap infrastruktur Steam Cloud sehingga memungkinkan pemain untuk bisa melanjutkan game dari Steam Deck ke PC atau sebaliknya, tanpa harus takut kehilangan progress permainan atau mengulang dari awal.

Valve Hadirkan Solusi Cross-Save Lewat Dynamic Cloud Sync untuk Steam Deck 2

Dynamic Cloud Sync sendiri akan mengunggah data save game suatu game ke penyimpanan cloud pemain ketika Steam dalam posisi “sleep”. Selanjutnya ketika pemain ingin memainkan game yang sama di PC misalnya, Steam akan mengunduh save game yang telah tersimpan tadi sehingga pemain bisa melanjutkan progress permainan mereka. Lebih lanjut, Valve juga mengatakan bahwa Dynamic Cloud Sync merupakan fitur yang sepenuhnya opsional alias bisa juga dinonaktifkan oleh pemain.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Selain itu, meski fitur tersebut sepenuhnya gratis untuk digunakan oleh developer yang telah atau akan merilis game mereka di Steam, Valve menyebut jika developer tidak wajib mengaktifkannya. Jadi, tidak ada keharusan bagi developer untuk menyalakan fitur tersebut di game-game mereka, begitu juga dengan pemain, di mana mereka juga diberi kebebasan untuk tidak menggunakannya.

Steam Deck sendiri dijadwalkan untuk mulai didistribusikan kepada mereka yang telah pre-order sebelumnya pada Februari mendatang dan belum ada info lagi mengenai kepastian kapan Steam Deck akan mulai tersedia di pasaran.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Steam Deck atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version