Valve Hapus Game Parodi “Cyberprank 2069” dari Steam

3658c01401418ff6ddc384ad7c09b626

Dibalik semua game yang sangat diantisipasi, selalu ada game copycat ataupun juga parodi yang manfaatkan game tersebut. Cybeprank 2069 (sebelumnya berjudul Cyberpunk 2069) menjadi salah satunya.

Game satu ini jelas menjadi parodi dari game racikan CD Projekt Red yaitu Cyberpunk 2077, dan layaknya mayoritas game shovelware yang ada di Steam, game satu ini terlihat seperti asset flip dan hanya mengandalkan leluconnya sebagai nilai jual utama.

Tak lama setelah dirilis, game parodi tersebut dihapus dari katalog Steam. Bukan karena masalah “kemiripannya” dengan Cyberpunk 2077 tetapi karena deskripsi game yang tidak sesuai aturan Steam. Secara tidak langsung, developer dari game tersebut meminta gamenya untuk diberi review positif dengan janji akan melakukan giveaway Cyberpunk 2077 kepada beberapa pembeli beruntung.

Kecil kemungkinan developer akan datang dan menghadiahimu Cyberpunk 2077 asli, tetapi deskripsi itu cukup untuk membuat gamenya dihapus karena telah melanggar aturan Steam yang tidak memperbolehkan review palsu dalam bentuk apapun.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Tak hanya mencoba memainkan sistem review, developer juga dilaporkan mencegah adanya refund dengan cara cara membuat game tetap berjalan meski telah dikeluarkan. Tentunya game bisa dimatikan paksa lewat proses sistem, tetapi bagi mereka yang tidak sadar game masih berjalan, besar kemungkinan game akan melewati durasi 2 jam yang disyaratkan untuk proses refund.

Ini bukan kali pertama Steam menghapus game di katalog mereka karena manipulasi review, dan dan takkan jadi yang terakhir Valve ambil tindakan tersebut.

Source: PC Gamer

Exit mobile version