Valve Hapus Masal 179 Game “Sampah” di Steam

gaben

Steam adalah platform distribusi game PC paling populer saat ini. Maka wajar apabila setiap developer ingin game PC mereka dirilis ke platform milik Valve tersebut. Secara teori ini menjadi hal yang baik karena ini berarti Steam akan dipenuhi oleh banyak variasi game yang dapat dipilih oleh gamer. Akan tetapi kenyataannya adalah Steam kini justru dipenuhi oleh game-game shovelware alias game tak berkualitas yang menghalangi game-game bagus dapatkan rekognisi dari pengguna Steam.

Masalah game-game shovelware ini bukanlah masalah baru untuk Steam, bahkan bisa dibilang ini telah menjadi lelucon besar tersendiri dari platform ini. Untuk mengatasi masalah ini, Valve mulai mengambil aksi untuk menghapus game-game yang sifatnya “trolling” dan miliki konten sensitif dari katalog store mereka.

Tak cukup dengan sekedar menghapus game, Valve juga akan memblokir developer tersebut untuk memasukan gamenya kembali lewat identitas yang berbeda. Mereka telah pelajari cara untuk melacak siapa developer dari game-game “trolling” dan mencoba sebisa mungkin untuk tidak membiarkannya untuk rilis apapun di Steam.

“Tak jarang kami akan memblokir orang-orang semacam ini dari Steam ketimbang sekedar menghapus game buatan mereka satu persatu. Banyak orang di kantor mengatakan: ‘Game buruk dibuat oleh orang-orang yang buruk.’ Ini tidak berarti tidak ada game yang kualitasnya rendah di Steam, tetapi setidaknya kami percaya kalau game-game tersebut dibuat oleh orang-orang yang memang mau gamenya dimainkan orang lain.”

Dalam dua minggu terakhir, Valve telah menghapus 179 game dari katalog Steam. Janganlah khawatir atas aksi Valve satu ini. Semua game favoritmu tampaknya masih aman di store tersebut melihat seluruh game yang dihapus hanyalah game-game “sampah”  yang masuk dalam kategori “trolling” bagi Valve. Berikut beberapa highlight dari game yang hilang dari Steam:

Apabila kamu mempunyai salah satu dari 179 game yang dihapus ini untuk alasan aneh apapun, kamu tetap bisa mengakses game tersebut lewat library Steam.

Selengkapnya akan apa saja game yang dihapus dari Steam dapat kamu lihat di halaman Steam Tools berikut ini.

Exit mobile version