Valve Rombak Format Kompetisi Turnamen Untuk Musim 2020/2021 Dota 2

in , , ,

Setelah tiga tahun menggunakan sistem DPC dengan turnamen minor dan major untuk dipertandingkan menuju The International, kini valve kembali merombak sistem turnamen untuk musim 2020/2021 mendatang. Jika sebelumnya ada 5 turnamen minor dan 5 turnamen major sebelum The International bergulir, kini formatnya dirubah menjadi turnamen regional league dan turnamen major.

REGIONAL LEAGUE

Regional League adalah turnamen sistem baru dimana setiap tim akan masuk liga regional yang dibagi menjadi 6 wilayah. Keenam wilayah tersebut adalah Eropa, China, Asia Tenggara, CIS (Russia), Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Setiap tim wajib mendaftarkan regional mana yang akan mereka ikuti setiap awal musimnya dan minimal memiliki 3 pemain dari negara regional tersebut.

waktu dalam PST (WIB +15)

Nantinya akan ada 16 tim yang bertanding dalam setiap regional dan akan dibagi menjadi dua divisi, 8 tim di upper division dan 8 tim di lower division. 2 tim terbawah di upper division akan terdegradasi ke lower division. Sedangkan 2 tim teratas lower division akan naik ke upper division dan 2 tim terbawah di lower division akan digantikan dengan 2 tim pemenang open qualifier.

Dalam 1 musim kompetisi nantinya akan ada 3 turnamen Regional League yaitu Fall League (5 Oktober – 15 November 2020), Winter League (4 Januari – 14 Februari 2021), dan Spring League (12 April – 23 Mei 2021) dengan jadwal pertandingan yang sudah ditentukan dan terencana.

Sementara itu untuk pembagian hadiah atau prize poolnya sendiri valve menyediakan total 280 ribu dollar Amerika atau sekitar 4 milyar rupiah untuk setiap turnamen regional league per wilayah yang nantinya akan didistribusikan untuk setiap tim yang berlaga dalam liga tersebut. Regional League juga akan memperebutkan total 11.050 DPC poin untuk menentukan tim undangan menuju The International.

MAJOR TURNAMENT

Turnamen major musim depan akan dikurangi menjadi 3 turnamen saja. Ketiga turnamen tersebut adalah Fall Major (7 Desember – 19 Desember 2020), Winter Major (8 Maret – 20 Maret 2021), dan Spring Major (21 Juni – 3 Juli 2021). Turnamen major akan mempertemukan tim-tim kuat dari turnamen regional league yang sebelumnya bergulir.

Nantinya akan ada 18 tim yang masuk kedalam turnamen major tersebut. Slot turnamen major yang ditawarkan oleh valve adalah 4 tim untuk China dan Eropa, 3 tim untuk Asia Tenggara dan Amerika Utara, serta 2 tim untuk CIS (Russia) dan Amerika Selatan. Sementara 2 slot tersisa nantinya akan diperebutkan oleh peserta wild card dari 6 regional yang bertanding.

Format turnamen major musim 2020/2021 sendiri adalah group stage yang terdiri dari masing-masing 8 tim. Dimana 2 tim teratas masing-masing grup akan lolos kebabak playoff upper bracket, sementara peringkat 3-6 akan melaju kebabak lower bracket. Kemudian 2 tim terbawah tiap grup akan tereliminasi. Turnamen major dari valve akan memperebutkan total hadiah sebesar 500 ribu dollar Amerika atau sekitar 7 milyar rupiah. Kemudian untuk DPC Poin yang diperebutkan adalah sebesar 2700 DPC Poin.

THE INTERNATIONAL

The International 10 tahun 2020 mendatang akan diselenggarakan di Stockholm, Swdia pada 18 sampai 23 Agustus 2020 mendatang. Turnamen tersebut akan diikuti oleh 18 tim dimana 12 diantaranya diambil dari 12 tim pemegang DPC poin tertinggi turnamen tahunan valve yaitu Regional League dan Major Turnament. Sementara 6 slot tersisa lainnya akan diperebutkan oleh tim-tim peserta wild card turnamen disetiap regional Dota 2.


Baca juga artikel terbaru lainnya terkait game Dota 2 atau artikel-artikel menarik lainnya dari Roni Istianto.

Roni Istianto

Written by Roni Istianto

Orang Pinggiran