Valve Terbuka untuk Bawa Xbox Game Pass ke Steam

F3e71ce1f63a665195a3eb5f55fbcd1f

Game Pass menjadi salah satu tawaran paling menarik saat ini. Dengan biaya $10, kamu dapatkan ratusan game untuk dimainkan mulai dari indie hingga skala AAA. Tak jarang game yang ditambahkan ialah game yang baru saja rilis khususnya dari first-party studio milik Xbox.

Tak hanya berikan game saja, layanan ini juga beri akses cloud gaming, membuatmu bisa beramain lewat smartphone game-game yang disediakan. Namun untuk saat ini fitur tersebut masih terus dikembangkan.

Premis Netflix untuk gaming ini mulai ditiru oleh perusahaan lain seperti Ubisoft dan kabarnya juga Sony tengah kembangkan sistem subskripsi serupa. Valve tampaknya tidak begitu tertarik untuk melakukan hal serupa.

Ketika diwawancarai oleh PC gamer, Gabe Newell selaku CEO menjelaskan bahwa mereka tidak ada rencana membuat layanan seperti Game Pass tetapi terbuka untuk membantu Xbox promosikan produk tersebut di platform mereka.

“Saya tidak merasa kalau itu adalah hal yang harus kami lakuka, membuat layanan subskripsi semacam itu,” ucap Newell. “Tetapi untuk pelanggan mereka tampaknya menjadi opsi populer, dan kami sangat senang untuk berkerja sama dengan mereka membawa layanan itu ke Steam.”

Belum ada realisasi untuk membawa Game Pass ke Steam dari Xbox. Tetapi Newell jelaskan bahwa ia dan Microsoft telah lakukan diskusi beberapa kali akan kerja sama tersebut. EA Play telah membawa layanan subskripsi mereka ke Steam, maka selalu ada kesempatan hal serupa akan terjadi juga ke Xbox Game Pass.

Xbox Game Pass memang menjadi layanan utama dari Xbox yang ingin terus dipopulerkan dan mendapat pelanggan sebanyak mungkin. Pada tahun lalu, mereka akui bahwa layanan tersebut belum sepenuhnya menghasilkan profit, namun mereka percaya diri bahwa dalam jangka panjang, Game Pass akan menjadi layanan yang dapat diandalkan sama seperti Xbox Game Live.

Potongan 30% yang diambil oleh Valve tentu menjadi alasan utama mengapa Game Pass di Steam belum terjadi saat ini. Namun selalu ada kemungkinan kerja sama akan terjadi apabila Microsoft benar-benar ingin membawa layanan tersebut seluas dan sebesar mungkin.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version