Valve Tertarik Buat Steam Controller Baru setelah Sukses dengan Steam Deck

Steam Controller Baru

Beberapa tahun yang lalu, Valve memperkenalkan Steam Controller sebagai bagian dari Steam Machine – sebuah usaha untuk membuat “gaming system” yang bakal menyaingi PS4 dan Xbox One. Sayangnya, Steam Machine terlalu mahal bagi pemain konsol dan terlalu sulit untuk di-upgrade bagi pemain PC. Alhasil, Steam Machine berakhir sebagai produk gagal dan kontrolernya, dihentikan proses produksinya setelah gagal memenuhi ekspektasi.

Valve Tertarik Buat Steam Controller Baru

Steam Controller

Tak lama ini, dalam wawancara bersama The Verge, Steam Deck Designer – Lawrence Yang ditanyai soal rencana Valve untuk membangkitkan kembali kontroler dari Steam Machine. Ia menjawab bahwa Valve tertarik buat Controller baru dari Steam. Namun untuk saat ini, fokus mereka adalah Steam Deck. Ia tidak bisa berkomentar lebih jauh mengenai kapan Valve akan mulai mengerjakan proyek itu, namun ia menyebut bahwa Valve sangat terbuka dengan keterlibatan pihak ketiga.

Meski tidak dapat disangkal bahwa kontroler rilisan 2015 silam itu gagal memenuhi ekspektasi, kesuksesan Steam Deck dan usaha penuh Valve untuk terus menyempurnakan “PC gaming portable” itu, menunjukkan bahwa ada banyak perubahan di Valve. Itu artinya, jika Valve memang memutuskan untuk membuat Steam Controller baru, besar kemungkinkan jika itu akan jauh lebih baik dari yang sebelumnya.

Valve juga Dilaporkan sedang Kembangkan Kontroler VR Baru

Valve Tertarik Buat Steam Controller Baru setelah Sukses dengan Steam Deck 3

Selain Steam Controller, laporan terbaru juga menyebut jika Valve saat ini tengah mengerjakan kontroler VR, menyusul kesuksesan Steam Deck. Tidak hanya kesuksesan pada sektor hardware, bisnis game Valve via Steam juga meraih keberhasilan serupa di mana Steam, awal tahun ini mencatatkan rekor baru untuk jumlah pemain bersamaan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Steam Controller atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version