Valve Tidak Tertarik Kembangkan Game Eksklusif untuk Steam Deck

best pc games for steam deck

Steam Deck merupakan langkah terbaru Valve di pasar konsol gaming – terutama handheld, di mana lewatnya pemain jadi bisa menikmati game-game PC mereka dimanapun dan kapanpun dengan lebih mudah. Namun dalam halaman Frequently Asked Questions atau FAQ terbaru mereka, terungkap bahwa Valve tidak terakhir untuk membuat game eksklusif bagi Steam Deck, seperti yang dilakukan Sony terhadap PlayStation maupun Microsoft terhadap Xbox.

Lebih jelasnya, Valve mengatakan bahwa tidak masuk akal bagi mereka ketika ditanyai perihal apakah mereka tertarik untuk menciptakan game khusus yang hanya akan dirilis di konsol handheld buatan mereka. Valve juga menambahkan jika Steam Deck tak ubahnya sebuah PC dan harus memainkan game layaknya sebuah PC. Pernyataan tersebut selaras dengan pernyataan Valve sebelumnya di mana mereka mengungkap ketertarikan untuk berlanjut di pasar “PC handheld”, sesuatu yang mungkin tidak bakal terjadi jika game-game eksklusif mulai dikembangkan untuk Steam Deck.

Valve Tidak Tertarik Kembangkan Game Eksklusif untuk Steam Deck 2

Tidak seperti konsol gaming handheld lain seperti Nintendo Switch yang performanya berubah-ubah tergantung mode yang diaplikasikan, Steam Deck menawarkan performa yang sama meski dimainkan secara handheld maupun docked. Selain itu, Steam Deck juga seperti PC pada umumnya di mana game-gamenya punya pengaturan visual yang bisa disesuaikan. Namun meski bisa diatur-atur, Steam Deck tetap punya sistem kompabilitas khusus untuk menyaring game-game mana saja yang bisa berjalan dengan optimal dan mana yang tidak.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Sikap Valve terhadap game eksklusif untuk Steam Deck menunjukkan pendirian kuat mereka ketika mengembangkan konsol handheld itu. Pasar konsol merupakan industri yang sulit, dengan PlayStation, Xbox dan Nintendo telah jadi penghuni tetap selama lebih dari dua dekade. Steam Deck tak pernah diniatkan untuk melawan ketiga raksasa konsol itu, melainkan lebih ke sebagai alternatif untuk memainkan game-game PC dengan lebih praktis.

Steam Deck dijadwalkan untuk meluncur pada Februari 2022 mendatang.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Steam Deck atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version