Valve Ubah Pembelian Game Steam Argentina dan Turki Jadi Dollar AS, Ada Apa?

Steam Argentina

Tepat setahun lalu, Valve menyesuaikan harga game Steam di negara Argentina dan Turki. Namun sekarang, Valve sepertinya punya perubahan lain lagi untuk harga game di kedua negara tersebut.

Kabarnya sih nantinya pengguna Steam di kedua negara tersebut tidak lagi bisa membeli game dengan mata uang lokal. Mengapa perubahan mata uang ini terjadi meski telah terjadi penyesuaian tahun lalu?

Valve Ubah Mata Uang Steam Argentina dan Turki ke Dollar AS

Terjadi penyesuaian mata uang

Berdasarkan pengumuman langsung dari Steam, Valve memang benar akan mengubah mata uang yang digunakan di Argentina dan Turki ke Dollar AS. Alasan yang mereka berikan adalah adanya ketidakstabilan mata uang kedua negara tersebut.

Perubahan ini berlaku terhitung sejak 20 November 2023 ini dan pengguna Steam di kedua negara tersebut akan menemukan kalau game yang mereka beli nantinya akan ditampilkan dalam mata uang Dollar AS.

Valve berlakukan mata uang Dollar AS di Argentina dan Turki

Bagi publisher game, Valve menyarankan penyesuaian harga untuk kedua negara tersebut. Tidak hanya itu ada 25 negara atau teritori baru yang akan dapatkan penyesuaian harga untuk pertama kalinya berbarengan dengan perubahan ini.

Valve Minta Publisher Sesuaikan Harga di Kedua Negara

Valve minta publisher ubah suai harga

Valve memberikan tenggat sampai sebelum tanggal 20 November ini untuk developer yang ingin menyesuaikan harga game mereka. Publisher bisa mengubah harga game mereka dengan masuk ke Steamworks dan adjust pricing ke mata uang yang berlaku yaitu LATAM-USD dan MENA-USD.

Bagi publisher yang tidak melakukan penyesuaian ini, maka harga game akan mengikuti standar Dollar AS yang sudah ditetapkan oleh Valve. Pihak Valve juga tidak akan berlakukan 30 hari tidak bisa berikan diskon game meskipun sudah menambahkan harga di mata uang Dollar AS.

Hanya saja, bagi publisher yang menaikkan harga game mereka, maka akan trigger cooldown pemberikan diskon selama 30 hari. Bagaimana menurut kalian soal penyesuaian harga ini brott?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version