Varian Baru CPU AMD Threadripper Kalahkan Intel i9 dalam Benchmark Multicore-nya

AMD Ryzen Threadripper
Multicore Threadripper benar-benar monster.

Dua hari lagi varian baru CPU AMD Ryzen Threadripper akan dilepas di pasaran. Namun sebuah bocoran benchmark Threadripper 1950X muncul di internet. Dilansir dari wccftech, benchmark multi-core ini tunjukkan bahwa Threadripper 1950X lebih unggul sekitar 35-42% lebih tinggi jika dibandingkan Intel i9-7900X yang sama-sama memiliki harga $1000.

Bisa kamu lihat sendiri dari hasil benchmark Cinebench R11.5 di atas, keunggulan AMD Ryzen Threadripper 1950X memang sangat mengejutkan, terlebih jika dilihat dari harganya yang setara dengan i9-7900X. Tentunya Intel tidak akan tinggal diam begitu saja mengetahui produk rival abadinya mampu lebih baik dari produk mereka, dan kemungkinan mereka akan segera mengeluarkan produk baru beberapa minggu setelahnya untuk menyaingi Threadripper dalam masalah multicore.

Tapi tunggu dulu, Intel ternyata berhasil menyelamatkan mukanya. Melalui test single core-nya di Cinebench R15, ternyata Core i9-7900X lebih unggul 3-9% berkat single core clockspeed turbonya. Meskipun lebih unggul 3-9%, namun Ryzen Threadripper masih mampu bertahan cukup signifikan di belakangnya.

Dari benchmark tersebut dapat disimpulkan bahwa arsitektur AMD Zen tidak begitu jauh berbeda jika dibanding arsitektur Skylake milik Intel. Namun Intel memiliki arsitektur singlecore 14nm yang jauh lebih baik, sehingga dapat menghasilkan clockspeed yang lebih tinggi. Hanya tinggal menunggu waktu saja sampai AMD bisa mengejar ketertinggalan single core-nya terhadap intel. Jadi, melalui hasil bocoran benchmark di atas, apakah kamu mau menginvestasikan uangmu untuk membeli AMD atau Intel sebagai CPU utamamu?

Exit mobile version