Verdun, Trench War dalam Perang Dunia 1

in ,

Verdun adalah game First Person Shooter atau FPS yang berlatar belakang Perang Dunia 1 atau World War 1. Verdun dikembangkan dan dikeluarkan oleh Blackmill Games dan M2H. Bila anda sudah terbiasa memainkan game FPS bertema perang dunia dan berpikiran ini hanya ‘game perang biasa’ dari banyak game FPS yang tersebar di industri gaming anda salahVerdun sendiri unik karena temanya yang berada pada Western Front pada Perang Dunia 1, nyatanya kebanyakan FPS berlatar belakang Perang Dunia 2, sedangkan game yang berlatar Perang Dunia 1 jauh lebih sedikit dibanding game berlatar Perang Dunia 2.

Nama Verdun sendiri diambil dari peristiwa sejarah nyata yaitu peristiwa Pertempuran Verdun. Dua pihak yang berselisih dalam Verdun adalah Entete Power yang terdiri dari berbagai negara seperti Inggris, Perancis, Kanada dan Central Power  yang terdiri dari Jerman. Setiap sisi memiliki squad sendiri, satu squad terdiri dari 4 personil yang memiliki kemampuan masing-masing, sebagai contoh pada sisi Entete ada squad Tommies  yang terdiri dari Corporal, Rifleman, Gunner dan Bomber. Walau ada beragam profesi dan beragam squad, di dalam 1 squad ada 1 pemimpinnya yang bisa memerintah squadnya untuk melakukan tugas tertentu seperti menyerang dimana, bergerak kemana, dan memiliki abiliti khusus pemimpin yaitu memanggil bala bantuan. Tergantung kamu ada di squad mana, pemimpin tersebut memiliki kemampuan unik, contohnya pada squad Tommies pemimpinnya (Corporal) dapat memanggil bala bantuan berbentuk Artileri, sementara itu pada Squad Stosstruppen pemimpinnya dapat memaggil Gas Beracun untuk diterjunkan dalam peperangan. Setiap squad memiliki abiliti pasif sendiri, dengan menaikkan level squad dan individu anda dapat membuka spesialisasi, abiliti pasif lainnya dan juga tentunya senjata lain.

Ada dua game mode utama pada Verdun yaitu  Frontlines dan Rifle Deathmatch. Sementara Rifle Deathmatch hanyalah Free for All seperti biasa, Frontlines adalah game mode unik yang berbasis pada Trench Warfare. Pada mode Frontlines, setelah anda memilih squad anda akan terjun kedalam medan pertempuran antara Entete dan Central Power. Anda akan ditugaskan untuk mengambil alih Trench musuh dan mempertahankan Trench team anda. Bagian serang-menyerang dan mempertahankan Trench dalam Verdun diatur dalam game, setiap sisi memiliki kesempatan untuk menyerang, semakin banyak musuh yang sisi penyerang bunuh, maka sisi tersebut akan mendapatkan Momentum (perpanjangan waktu menyerang). Bila penyerangan gagal, anda terpaksa mundur ke Trench team sendiri dan mempertahankannya dari Serangan yang akan datang. Tapi bila anda berhasil, maka bersiaplah untuk menghadapi counter-attack musuhmu.

Pada awalnya kamu akan kesusahan dan mati banyak, tapi seiring waktu berjalan anda akan terbiasa untuk tiarap, jongkok dan menembak musuh dengan hati-hati. Tiarap adalah hal penting, karena medan peperangan yang terbuka saat penyerangan berlangsung tidak akan memberi banyak perlindungan. Bila ada gas beracun diluncurkan siapkanlah Gas Mask sebelum kematian menjemput. Disaat peperangan berlangsung, jangan mencoba untuk lari dari medan perang karena penaltinya adalah kematian dari eksekusi. Gunakan kemampuan unitmu secara maksimal, karena setiap unit dari squad memiliki abiliti khusus tersendiri. Sebelum menembak, tahanlah nafasmu untuk mendapatkan akurasi terbaik. Walau sulit pada pertamanya, pada akhirnya Verdun adalah game memuaskan bertema Perang Dunia 1 yang menjadikan Trench Warfare menegangkan, dan pastinya menyenangkan.

Artikel ini ditulis oleh contributor. Gamebrott tidak bertanggung jawab atas ketidaktepatan, pernyataan, kekeliruan isi informasi dari contributor.

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person

2 Comments

Leave a Reply
  1. Online, 1 game ada 8 squad (4 vs 4), jadi bisa maximal 32 orang (1 squad 4 orang)

Leave a Reply

Your email address will not be published.