Versi Asia dan Barat PS5 Takkan Miliki Perbedaan Tombol X dan O

in
Ps5 Dualsense
Sony mengubahnya.

Selama bertahun-tahun, bukan sebuah rahasia lagi apabila terdapat beberapa perbedaan dari console PlayStation untuk versi Jepang/Asia dan barat baik Eropa maupun Amerika. Salah satu hal yang paling kentara adalah penggunaan tombol konfirmasi, di mana versi Asia menggunakan tombol O sementara barat menggunakan tombol X dan sebaliknya untuk membatalkan. Namun sepertinya semuanya akan dilebur menjadi satu setelah PlayStation 5 dirilis nanti.

Menurut impresi pertama PS5 situs gaming Jepang AV Watch, terlihat bahwa tombol O yang biasa digunakan oleh gamer Jepang dan Asia untuk konfirmasi akan diubah dan distandarisasi menjadi tombol X. Sementara tombol O akan menjadi tombol pembatalan.

Sedikit trivia dari penggunaan tombol O dan X. Dalam kultur Jepang tombol O representasikan “maru” dalam bahasa Jepang yang berarti konfirmasi atau kebenaran. Sementara X representasikan “batsu” dalam bahasa Jepang yang berarti pembatalan atau kesalahan. Kedua simbol tersebut sering digunakan dalam kuis apapun, termasuk acara TV. Menjadikannya standarisasi kultur untuk tombol PlayStation.

Representatif dari Sony Interactive Entertainment mengatakan bahwa keputusan ini dibuat agar semua game tak perlu menggunakan tombol yang berbeda untuk konfirmasi. Mereka memberikan standarisasi barat agar semua developer game bisa adaptasikan tombol X untuk konfirmasi tanpa harus mengubah-ubahnya.

Tentunya keputusan tersebut menjadi sebuah kontroversi di beberapa gamer Jepang. Namun terdapat player yang menerimanya dengan lapang dada. Hal ini karena salah satu game barat seperti Apex Legends yang saat ini sangat populer di Jepang menggunakan tombol X untuk konfirmasi dan O untuk pembatalan.

Salah satu produser seri Tales, Tomizawa Yusuke nampaknya juga mengkonfirmasi perubahan tersebut. Ia menyuarakan pendapatnya dalam cuitan singkat yang berbunyi, “Sudah saatnya tombol X menjadi tombol konfirmasi”. Dengan kata lain, sudah saatnya orang Jepang untuk menggunakan X atau “batsu” untuk mengkonfirmasi kebenaran. Sebuah kajian yang menarik apabila dilihat dari sisi budaya.

PlayStation 5 akan dirilis pada tanggal 12 November 2020 nanti, sementara semua wilayah Asia lain selain Jepang, Korea Selatan, dan China akan bisa mendapatkannya jelang akhir bulan November.


Baca lebih lanjut tentang PlayStation 5, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]