Intel Arc Pro A60 Bakal Meluncur, Hadirkan Alternatif VGA Workstation

Intel Arc Pro A60

Kabar gembira untuk kamu-kamu yang tengah mencari VGA workstation yang mungkin sudah kelewat usang. Intel Arc Pro A60 yang rencananya akan meluncur dalam beberapa waktu mendatang ini mungkin dapat kamu pertimbangkan untuk kembali perkuat komputer yang temani produktivitasmu.

Spesifikasi Intel Arc Pro A60, Bawa VRAM 12GB

Menawarkan AV1 Encode sebagai standar

Meneruskan jajaran VGA workstation yang meluncur tahun lalu, kini Intel Arc Pro A60 dan A60M diluncurkan untuk melengkapinya. Tak hanya menjanjikan kinerja secara keseluruhan yang lebih memadai untuk kebutuhan workstation, namun Intel Arc Pro A60 kini membawa memori yang lebih besar.

Meski jajaran VGA workstation ini sama-sama dibuat pada arsitektur Alchemist Xe-HPG dengan fabrikasi TSMC 6nm, terdapat perbedaan yang cukup masif pada memori dan lebar bandwidth yang digunakan pada seri teranyarnya.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Intel, inilah spesifikasi dari VGA workstation tersebut:

Memiliki ukuran kecil dan hemat daya

Intel Arc Pro A60 dibekali VRAM 12GB, 16 Xe Core, 2.048 FP32, 192-bit, bandwidth sampai 384 GB/s, dengan konsumsi hanya sekitar 130W. Untuk Arc Pro A60M dipersenjatai VRAM 8GB, memiliki Xe Core dan FP32 yang sama dengan varian desktop, namun dengan bandwidth 256 GB/s dengan konsumsi daya sampai dengan 95W.

Tentunya, kedua VGA tersebut lebih dari mampu untuk adu mekanik dengan VGA workstation kubu lain yang mungkin saat ini masih relatif mahal untuk dibeli.

Bermain di Harga yang Terjangkau

Mengusung model blower untuk mmembuang panas

Sebagaimana yang telah kami informasikan sebelumnya, kedua VGA ini ‘rencananya’ akan bermain di harga yang terjangkau. Untuk Intel Arc Pro A60 bakal dibanderol mulai dari 2 Jutaan Rupiah saja, dan belum jelas apakah versi mobile-nya akan ditandem mahal dengan laptop yang luncur pada masa mendatang.

Untuk peluncurannya, besar kemungkinan VGA ini bakal tersedia di pasaran pada akhir tahun 2023, dan selambat-lambatnya awal tahun 2024.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version