7 Video Game Terbaik yang Diadaptasi dan Terinspirasi dari Novel

Video Game Terbaik yang Diadaptasi

Video Game Terbaik yang Diadaptasi dari Novel – Saat ini, banyak sekali video game terbaik yang diadaptasi dari film atau serial TV. Tahukah kalian, ada banyak juga video game yang diadaptasi ataupun terinspirasi dari novel, lho!

Biasanya, video game yang diadaptasi dari novel mempunyai koneksi kuat dan jelas yang berasal dari novel itu sendiri. Bukan cuma itu, detail alur cerita, plot, karakter, dan elemen-elemen lainnya juga terkadang harus bersumber dari novel tersebut. Sementara itu, game terbaik yang terinspirasi dari novel memberikan banyak elemen baru dan bahkan memberikan tribute kepada sumber inspirasi para developer game terhadap buku tersebut.

Kalau dipikir-pikir, bukannya sulit mengadaptasi video game dari novel? Mungkin sebenarnya iya, tapi kamu jangan terlalu skeptis karna ada banyak video game terbaik yang diadaptasi dari novel. Penasaran? Ayo simak di sini!

Video Game Terbaik dari Novel

Video Game Terbaik dari Novel

Memang banyak sekali video game yang diadaptasi dan juga terinspirasi dari novel. Cuman, tidak semuanya yang terbaik. Kalo kalian ingin mencari yang terbaik, jangan khawatir karena semua sudah kami rangkum di sini. Berikut 7 video game terbaik yang diadaptasi dan terinspirasi dari novel versi Gamebrott!

1. Suikoden

Suikoden

Siapa sih yang tidak mengetahui game terbaik all the time satu ini? Game RPG yang resmi akan mendapatkan remastered ini ternyata terinspirasi dari novel lho. Inspirasi game ini dari sebuah novel klasik asal Tiongkok yang berjudul Water Margin. Jika yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang menjadi Suikoden.

Novel Water Margin menceritakan tentang 108 orang yang melakukan pemberontakan pada pertengahan dinasti Song. Novel ini juga mengambil dari kisah seorang bandit bernama Song Jiang bersama 36 anak buahnya yang menyerah kepada pasukan pemerintah pada tahun 1119.

Game ini pertama kali rilis pada tanggal 15 September 1995 dan berakhir rilis pada tanggal 9 Februari 2005 untuk seri barunya. Game ini mempunyai seri sampai Suikoden 5 serta ada game seri spin-offnya yang telah rilis di berbagai platform gaming.

2. The Witcher

The Witcher

Video game terbaik yang diadaptasi dari novel selanjutnya adalah The Witcher. Game ini termasuk game RPG of the year yang diadaptasi dari judul novel yang sama karya sastrawan asal Polandia, Andrzej Sapkowski.

Novel ini menceritakan seorang pemburu monster bernama Geralt of Rivia yang sedang mencari jati dirinya. Selain menjadi pemburu monster, ia juga melihat bahwa manusia juga bisa kejam dari monster. Hal ini lah yang membuatnya sadar bahwa kebaikan dan kejahatan tidak semudah itu untuk dinilai.

Game ini dikembangkan dan di publish oleh CD Project Red. Ia pertama kali rilis pada tahun 2007 dan seri yang terakhir rilis pada tahun 2015 yang sudah tersedia di berbagai platform gaming.

3. Assassin’s Creed

Assassin’s Creed

Video game terbaik terinspirasi dari novel kali ini sudah pasti tidak asing lagi buat para gamer. Game tersebut adalah Assassin’s Creed berjudul Alamut karya penulis Slovenia Valdimir Bartol. Berkonsep tentang Prince of Persia pada game pertama dan seri-seri selanjutnya dikembangkan menjadi cerita orisinil.

Seri game dari Assassin Creed ini juga mendapatkan adaptasi novel yang ditulis oleh Oliver Bowden yang menceritakan tentang konflik antara Assassin dengan Templar dari masa ke masa dan mempunyai konsep kedamaian dengan cara berbeda-beda.

Game ini dikembangkan dan di publish oleh Ubisoft dan merupakan game terlaris dari publisher tersebut. Seri pertamanya rilis pada November 2017 hingga seri terbaru pada tahun 2020. Seri game ini telah terbit sebanyak 12 seri beserta 12 spin-off dari game tersebut. Kalian bisa memainkan franchise game ini di berbagai platform gaming yang tidak kalah seru dengan game lainnya dalam daftar.

4. Parasite Eve

Parasite Eve

Video game terbaik dari novel yang keempat merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama, bernama Parasite Eve. Novel ini ditulis oleh Hideaki Sena yang menceritakan tentang Aya si perwira polisi untuk memusnahkan Eve, parasit yang lahir dari mitochondria dan berusaha untuk menggantikan manusia serta bentuk kehidupan lainnya sebagai spesies yang paling dominan di bumi.

Game RPG horor yang akan kental dengan elemen dari novelnya ini, dikembangkan dan di publish oleh Squaresoft yang rilis pada tahun 1998. Game ini tersedia di platform PlayStation 3, PSP, dan PS Vita.

5. Metro 2033

Metro 2033

Video game terbaik selanjutnya berjudul Metro 2033. Game ini merupakan game FPS dengan elemen horor yang mengambil latar belakang, cerita, dan alur dari novel dengan judul Metro 2033 karya Dmitry Glukhovsky.

Video game ini menceritakan tentang latar setelah perang nuklir yang terjadi 20 tahun yang lalu. Ketika pada tahun 2033, sekelompok makhluk misterius yang dikenal sebagai Dark Ones menyerang salah satu stasiun. Hal itu mendorong Artyom untuk mencari bantuan dalam menghadapi ancaman ini dari manusia yang tinggal di terowongan metro Moskow tersebut.

Metro 2033 dikembangkan oleh 4A Games dan di publish oleh THQ dan Deep Silver. Video game ini rilis pada 16 Maret 2010 dan bisa dimainkan di platform Microsoft Windows, PlayStation 4, Nintendo Switch, Xbox One, dan Xbox 360.

6. S.T.A.L.K.E.R.

S.T.A.L.K.E.R.

Video game terbaik yang diadaptasi dari novel keenam merupakan game FPS dengan elemen RPG yang mengambil inspirasi dari novel berjudul Roadside Picnic karya Arkady dan Boris Strugatsky. Novel mereka menceritakan tentang seorang protagonis bernama Redrick Shuhart yang pergi ke zona terlarang untuk mendapatkan sebuah artefak misterius. Game ini hanya mengadaptasi sistem serta elemen langsung dari novel Roadside Picnic, namun selebihnya diadaptasi dari sebuah film berjudul Stalker tahun 1978 karya Andrei Tarkovsky.

GSC Game World telah mengembangkan dan mem-publish game ini dan rilis untuk pertama kalinya pada 20 Maret 2007. Kalian bisa memainkannya di platform Microsoft Windows dan Xbox S dan X. Seri kedua dari game ini akan rilis pada tahun 2023 yang berjudul S.T.A.L.K.E.R 2 Heart of Chernobyl.

7. BioShock

BioShock

Video game terbaik yang diadaptasi dari novel terakhir merupakan game horror FPS hasil adaptasi dari novel The Fountainhead dan Atlas Shrugged karya Ayn Rand. Mulai dari konsep, tema hingga alur ceritanya terinpirasi dari karya tulisan sang penulis. Nama karakter utama antagonis yang bernama Andrew Ryan juga diambil dari hasil anagram nama sang penulis.

Game ini menceritakan tentang Jack seorang penumpang pesawat yang jatuh di Samudera Atlantik pada tahun 1960. Saat muncul di permukaan, barulah ia menyadari bahwa hanya dialah satu-satunya penumpang yang selamat. Setelah itu, ia berenang menuju mercusuar dan menyelamatkan diri. Ketika sampai di sana, ia menemukan sebuah pintu masuk ke kota bawah laut bernama Rapture dan disinilah petualangannya pun dimulai.

Irrational Games telah mengembangkan game ini dan di-publish oleh 2K Games. BioShock rilis pada tanggal 21 Agustus 2007 dan sekuelnya rilis pada tanggal 9 Februari 2010. Kalian bisa memainkan game ini di PlayStation 3, PlayStation 4, Microsoft Windows, MacOS, Nintendo Switch, Xbox One, dan Xbox 360.

Itulah beberapa video game terbaik yang diadaptasi dari novel yang bisa penulis sajikan buat kalian. Jadi bagaimana, adakah game yang membuat kalian tertarik dan pernah kalian mainkan? Atau adakah novel yang pernah kalian baca tapi tidak memainkan gamenya? Komentar di bawah ya, brott!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Terbaik atau artikel lainnya dari Nurul Aida. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version