Video Prototype Milik Kreator Asli GTA Kena DMCA oleh Rockstar

Kreator Asli Gta DMCA

Kreator Asli GTA DMCA – Sebelum menjadi salah satu game andalan Rockstar, seri Grand Theft Auto sebenarnya pertama kali dikembangkan oleh sebuah studio bernama DMA Design. Berkat keunikan gameplaynya membuat DMA Design diakuisisi oleh perusahaan Rockstar, menjadikan GTA sebagai salah satu game open-world paling populer saat ini.

Keberhasilan game tentu tidak akan terwujud tanpa kehadiran sang kreator asli sekaligus pendiri DMA Design yakni Mike Dailly. Namun, kini dikabarkan dirinya tengah menghadap sebuah masalah dengan Rockstar. Dimana pihak perusahaan melayangkan DMCA pada video prototype milik Mike Dially yang diunggah melakui channel YouTube-nya.

Kreator Asli GTA Unggah Video Prototype GTA, Rockstar Layangkan Copyright Strike

Grand Theft Auto (1997)

Melalui akun Twitternya, Mike Dially menyatakan keluhannya terhadap keputusan Rockstar yang melakukan takedown pada dua video miliknya. Video tersebut merupakan sebuah prototype game yang pernah dikembangkan, salah satunya yakni pengembangan dari game Grand Theft Auto pertama yang rilis di tahun 1997 lalu.

Menurut Dially, Rockstar yang dinaungi oleh perusahaan Take-Two kini tengah memburu seluruh hal yang berkaitan dengan pengembangan game untuk diblokir. Sama halnya dengan video yang diunggah oleh Dially yang menurut laporan PC Gamer, hukuman DMCA dilayangkan karena video mengandung cuplikan proses pengembangan game yang diunggah tanpa izin.

Alasan dihapusnya video tentu mendapat respon yang negatif, terlebih peristiwa ini bukanlah pertama kalinya Rockstar melayangkan tuntutan akan produk miliknya. Dially sendiri saat ini sudah tak lagi bekerja di Rockstar, dirinya mengundurkan diri dari perusahaan di tahun 1999, tepat setelah perilisan GTA 2.

Ketatnya Rockstar dan Take-Two terhadap Produk Miliknya

Mod GTA V VR

Sudah tak asing lagi apabila Take-Two selaku perusahaan pemilik Rockstar sering melayangkan tuntutan terhadap berbagai produk game miliknya. Sebelumnya, baru-baru ini mereka sempat menuntut kreator mod GTA 5 VR dan diminta hapus seluruh aset yang sudah dikerjakan. Penghapusan tersebut hanyalah salah satu dari teguran lainnya yang dilayangkan Rockstar terhadap para modder.

Tentu hal tersebut menimbulkan respon negatif dari para fans. Lantaran pengerjaan mod dilakukan secara cuma-cuma tanpa memungut keuntungan apapun. Terlebih dalam kasus penghapusan video oleh Mike Dially, dimana game pertama dari Grand Theft Auto sendiri saat ini tak lagi tersedia dijual secara resmi. Sehingga banyak yang berpendapat alasan penuntutan dianggap terlalu berlebihan.

Mudah-mudahan saja, perkara tersebut dapat terselesaikan secara adil bagi kedua pihak. Karena dengan respon negatif dari para fans tentu dapat mengurangi kepercayaan fans terhadap reputasi perusahaan.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait GTA serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version