Video Youtube Bitrate Tinggi untuk Pengguna Premium Tengah Diuji Coba

Youtube Bitrate Tinggi

Menonton video YouTube tampaknya sudah menjadi hal yang dilakoni hampir setiap orang. YouTube sepertinya akan menghadirkan fitur baru di beberapa waktu kedepan untuk pengguna YouTube premium.

Menurut juru bicara YouTube Paul Pennington, perusahaan penyedia layanan streaming video ini sedang melakukan testing dalam grup kecil fitur YouTube 1080p ber-bitrate lebih tinggi dari yang biasanya.

Video YouTube Bitrate Tinggi Lagi Dicoba untuk Sebagian Pengguna Premium

Fitur yang akan hadir di YouTube Premium

Eksperimen kali ini diberi nama “1080p Premium’ oleh YouTube. Fitur ini kelak hanya akan tersedia untuk pengguna yang sudah berlangganan YouTube Premium dengan cara menyediakan pilihan “Enhanced bitrate” ketika ingin memilih kualitas video.

Seorang user di Reddit menemukan fitur Premium baru

Seperti yang sudah disinggung diatas, fitur ini akan menampilkan video 1080p dengan bitrate lebih tinggi yaitu di 13Mbps dibandingkan dengan 8Mbps pada video 1080p pada umumnya. Informasi tersebut ditemukan oleh seorang pengguna di Reddit ketika ia mencoba ‘stat for nerds’ dan menyadari adanya perbedaan bitrate dari video yang ia tonton.

Seberapa Besar Pengaruh Bitrate pada Video YouTube

Ilustrasi Bitrate

Untuk yang masih awam soal pengaruh bitrate terhadap kualitas video, penjelasan singkatnya seperti ini. Dalam sebuah video, kejernihan sebuah video tidak hanya bergantung pada seberapa besar resolusi yang digunakan. Namun peran yang tidak kalah penting sebenarnya ada di bitrate dan warna. 

Pengaturan kualitas video YouTube

Biasanya bitrate video yang kecil menghasilkan video yang kurang jernih. Hal ini dikarenakan bitrate merupakan ‘informasi’ dasar dalam sebuah video. Semakin banyak informasi atau ‘bit’ yang terdapat dalam sebuah video, semakin jernih pula video yang kalian tonton.

Sebenarnya tidak hanya kali ini YouTube mencoba-coba fitur baru. Beberapa waktu lalu, mereka pernah mencoba untuk mengunci kualitas video 4K hanya untuk pengguna Premium. Tindakan itu lantas mendapatkan kesan negatif dari kebanyakan pengguna.

Akibatnya, YouTube kemudian membatalkan eksperimen tersebut dan tetap memberikan akses video 4K untuk umum. 


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version