Vladimir Putin Ingin Pemerintah Mulai Membuat Konsol Gaming Buatan Rusia

Vladimir Putin Konsol Gaming Buatan Rusia

Vladimir Putin Konsol Gaming Buatan Rusia – Semenjak terjadinya konflik dengan Ukraina, banyak perusahaan dari berbagai negara yang memutus hubungannya dengan Rusia. Hal tersebut tentu membuat pemerintah Rusia harus memiliki produk sendiri secara pribadi, dan salah satu produk tersebut juga datang dari pengembangan video game.

Saat ini, ketiga perusahaan besar video game yakni Sony, Microsoft dan Nintendo sudah tak lagi beredar di negara tersebut. Hal itu pun mendorong pemerintah Rusia untuk menciptakan konsol buatan mereka sendiri yang mana telah direncanakan langsung oleh sang presiden yakni Vladimir Putin.

Alasan Vladimir Putin Ingin Pemerintah Bisa Buat Konsol Gaming Buatan Rusia

Kira-kira apa alasannya?

Melalui rapat sosio-ekonomi beberapa waktu lalu, Vladimir Putin telah memberi perintah untuk merancang konsol gaming buatan lokal. Dilaporkan juga bahwa Putin memerintahkan untuk memproduksi dua macam konsol, yakni konsol dalam bentuk stasioner dan portable.

Putin juga memerintahkan pembuatan OS (Operating System) serta Cloud System yang bertujuan untuk mengantar produk game kepada konsumen. Putin memberikan waktu sampai 15 Juni kepada pemerintah setempat untuk menelaah proposal lebih lanjut sebelum disetujui.

Perdana Menteri Rusia yakni Mikhail Mishustin telah ditunjuk sebagai penanggung jawab jalannya projek ini.

Membuat Konsol Pesaing Bukan Hal Mudah

Bukan hal mudah membuat konsol yang bisa bersaing dengan 3 brand ternama

Entah memang langkah yang ambisius atau justru karena faktor desakan, namun tentunya membuat sebuah konsol yang mampu saingi PlayStation, Xbox dan Nintendo bukanlah sesuatu yang mudah. Terlebih ketiga konsol besar tersebut sudah eksis selama bertahun-tahun dan sudah menjadi pilihan utama para gamer.

Menurut laporan dari koran Kommersant, kemungkinan Putin bakal menunjuk perusahaan teknologi asal Rusia yakni VK untuk memproduksi konsol. Namun untuk menciptakan konsol pesaing, perusahaan diperkirakan butuh waktu hingga 10 tahun, terhitung dari awal perancangan hingga produk rilis.

Nintendo Switch (Kiri), Xbox Series (Tengah), PlayStation 5 (Kanan)

Itulah informasi mengenai keinginan Presiden Rusia untuk Pemerintah Rusia agar bisa membuat konsol gaming mereka sendiri. Apakah hal ini bisa akan terwujud suatu hari nanti?


Baca juga artike-artikel Gamebrott serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version