Voice Actor Futaba dari Persona 5 di Bully karena Menentang AI Voice Over

Erica Lindbeck Voice Actor Futaba Persona 5

Erica Lindbeck Voice Actor Futaba Persona 5 — Dalam dunia entertainment sekalipun, beberapa permasalahan akan tetap selalu bermunculan terkait dengan beragam akting serta gerakan atau koreografi.

Itu karena karya seni tersebut bisa menjadi sebuah hak paten sekalipun bagi seorang penggunanya. Menuai pro dan kontra, beberapa tokoh menyatakan pendapatnya terkait penggunaan AI ini.

Penggunaan teknologi AI yang sering disalahgunakan membuat banyak orang berpikir, apakah hal ini bisa dalam kendali manusia atau hanya dibiarkan saja untuk jangka waktu yang tidak diketahui.

Voice actor karakter Futaba versi English, yaitu Erica Lindbeck menyatakan pendapatnya terkait ini.

Voice Actor Futaba Persona 5 di Bully karena Penolakannya Terhadap AI Voice Over

Erica Lindbeck, pengisi suara karakter Futaba di game Persona 5

Erica Lindbeck selaku Voice Actor Futaba Sakura di Persona 5 mengungkap pendapatnya terkait dengan penggunaan suara yang telah diolah dengan menggunakan teknologi AI dan disematkan ke dalam beragam media oleh banyak pengguna.

Erica mengungkapkan bahwa ia sama sekali tidak menyetujui penggunaan suara miliknya serta tidak adanya persetujuan antar kedua-belah pihak terkait dengan penggunaan suara miliknya. Melalui pendapatnya, ia pun telah dituduh melakukan gerakan penolakan yang masif pada para fans serta beragam orang yang tidak setuju dengan adanya teknologi ini.

Salah Satu Fans Erica Lindbeck

Ketika artikel ini ditulis (11/7), Erica Lindbeck telah menghapus akun twitter miliknya dan telah dianggap telah merugikan banyak pihak dengan adanya penolakan beliau terhadap teknologi ini. Banyak orang berasumsi bahwa ia tidak akan kembali lagi ke platform Twitter untuk sementara waktu hingga kondisi mereda.

Salah Satu Tweet Mike Pollock Terkait dengan Penggunaan Teknologi AI

Bagaimanapun juga, beberapa fans memang masih mendukung dengan pendapat serta keputusan Erica terkait dengan permasalahan ini.

Dukungan terhadap hal ini pun juga ditunjukkan dari Tweet milik Mike Pollock, Pengisi Suara dalam Sonic Franchise, bahwa ia juga merasa tidak pantas dengan memasukkan suara orang ke dalam sesuatu yang tidak disetujui oleh pemilik suara sebelumnya.

Pengisi Suara dalam Beragam Media Anime dan Video Game

Futaba dari Persona 5

Bagaimanapun juga, permasalahan Erica Lindbeck dengan Teknologi AI bukanlah sesuatu yang baru, sebagaimana replikasi dari karya orang sendiri mampu membuat seseorang salah mengira jika itu adalah buatan AI daripada buatan tangan sendiri.

Apapun teknologinya, akan ada baiknya penggunaan AI Voice Over atau suara AI dan juga lainnya perlu dipertanyakan persetujuan penggunaannya demi menghindari permasalahan hak cipta di kemudian hari.

Tidak hanya sebagai Futaba dari Persona 5 saja, diketahui juga Pengisi Suara Persona Franchise ini mengisi beragam karakter lain, seperti Ines dan Silence dari Arknights, Jessie dari Final Fantasy 7 Remake, Black Cat dari Spider-Man (2018), Menat dari Street Fighter V dan masih banyak lainnya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait dengan Persona Series atau artikel lainnya dari Lazuardi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version