VR Controller Generasi Baru Dengan Sensor Jari Sedang Dikembangkan Valve

maxresdefault 11
Valve tengah serius mengembangkan VR controller baru.

Seperti yang telah kita ketahui, Valve, perusahaan yang dikenal dengan platform penjualan game digital, Steam sekaligus pemilik lisensi Counter-Strike dan DotA 2 tak hanya bergerak di bidang video game dan penjualan digital saja, mereka juga membuat beberapa software dan hardware untuk kemajuan teknologi di bidang tersebut. Salah satunya adalah inovasi controller generasi baru untuk Virtual Reality atau VR yang saat ini masih jarang dilirik oleh masyarakat umum.


Controller bernama Knuckles EV2 yang satu ini, mungkin akan berikan sensasi baru saat memainkan game VR. Pasalnya, berbeda dari controller VR biasa yang berbentuk seperti tongkat kecil dengan motion sensor, controller yang berbentuk layaknya knuckle atau buku-buku jari ini hadirkan sensor jari. Berikan nuansa yang lebih natural, saat karaktermu harus mengambil sebuah obyek, melempar, menggenggam, dan menghajarnya.

Knuckles EV2 akan lakukan tracking pergerakan jarimu dan teruskan data tracking tersebut ke SteamVR Skeletal Input driver, yang kemudian akan mereplikasi gerakan tersebut dalam video game. Kamu bisa melihat cara kerjanya seperti video di bawah.



Saat ini, controller tersebut telah tersedia dalam bentuk development kit atau dev kit bagi para developer untuk mengembangkan software video gamenya. Ia akan hadir dengan bundle tech demo atau software bernama Moondust, yakni game space simulator yang mungkinkanmu untuk menghancurkan batu, mengendalikan mobil remote control, melempar baru, hingga menggenggam turret milik Portal.

Meski belum sepenuhnya selesai dikerjakan, namun pada kenyataanya controller yang satu ini sebentar lagi akan siap untuk dilepas ke publik. Yang perlu kita lakukan adalah menunggunya lebih lama.

Exit mobile version