Kominfo akan Blokir ChatGPT Bila Tak Segera Daftar ke PSE

Kominfo Akan Blokir Chatgpt

Keseruan saat menggunakan salah satu artificial intelligence bernama ChatGPT tampaknya harus berhenti sesaat. Ini dikarenakan adanya kemungkinan Kominfo akan Blokir ChatGPT bila perusahaannya tak segera daftarkan layanannya ke Penyelenggara Sistem Elektronik atau PSE.

Belum Terdaftar di PSE, Kominfo akan Blokir ChatGPT

Usut punya usut, ternyata alasan di balik Kominfo akan Blokir fitur AI tersebut ternyata tidak lain dan tidak bukan dikarenakan layanan berbasis Artificial Intelligence tersebut belum mendaftarkan layanannya ke PSE.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatikan Kemenkominfo

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Semuel Abrijani Pangerapan selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo. Beliau tegaskan bahwa layanan berbasis AI tersebut diwajibkan untuk mendaftarkan layanannya, atau Kominfo akan Blokir fitur ini di tanah air.

Untuk menyatakan keseriusannya dalam keputusan tersebut, beliau akan kirimkan surat ke pihak OpenAI selaku indukan dari ChatGPT yang tengah digandrungi generasi zaman now tersebut, terlebih bila adanya indikasi layanan tersebut akan berbayar ke depannya.

Layanan Berbasis Informatika Harus Tunduk pada PSE

Tidak dapat dipungkiri bahwa ChatGPT adalah teknologi baru di mana layanan tersebut dapat menjawab beragam pertanyaan. Meski kebanyakan layanan berbasis AI tersebut dipakai secara gratisan – sekadar untuk iseng, tetapi ada versi berbayar yang jadi sorotan instansi terkait.

Harus masuk ke dalam daftar yang ada di dalam PSE

Kendati demikian, semua layanan berbasis informatikan tetap harus tunduk pada kebijakan yang dibuat oleh Kominfo. Besar kemungkinan instansi terkait akan wajibkan layanan tersebut meski memiliki versi gratisan, atau tinggal menanti pihak Kominfo akan Blokir ChatGPT.

Ada layanan berbayar dan gratisan

Dasar dari instansi terkait mewajibkan layanan tersebut untuk mendaftarkan layanannya ialah dikarenakan ChatGPT memiliki beberapa kategori di mana perusahaan tersebut harus mendaftar untuk dapat diakses pengguna di tanah air, semua demi keamanan semua pihak agar tidak terjadi hal tidak diinginkan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version