Waktu Pengembangan yang Tak Cukup Disebut Menjadi Alasan Black Ops 4 Rilis Tanpa Campaign


Call of Duty: Black Ops 4 menjadi game Call of Duty pertama yang hadir tanpa single-player campaign. Keputusan untuk mengganti campaign dengan mode battle-royale tetaplah menuai kontroversi dan mengecewakan banyak fans meski mode yang diberi nama ‘Blackout’ tersebut sempat diterima positif. Lewat laporan yang diterima oleh Kotaku, absennya campaign ini tidaklah tanpa alasan, dan mode battle-royale menjadi jalan pintas untuk mengganti absennya mode tersebut.

Single-player campaign pada dasarnya tidak pernah direncanakan oleh Treyarch, tetapi mereka ingin membangun sesuatu yang baru pada campaign mereka yaitu mode cerita 2v2 dimana tiap tim harus menjalankan objektif masing-masing dan siapa yang menang akan melanjutkan progres cerita mereka.

Konsep baru ini tidak berjalan dengan mulus, penuh dengan masalah teknis dan masalah waktu. Tak hanya itu, salah satu playtester komentari konsep baru dari Treyarch ini justru membuat campaign terlalu monoton. Maka dari itu konsep 2v2 ini perlahan dirombak kembali menjadi lebih campaign tradisional.