Waktunya ke Coral Island, Game Lokal tentang Berkebun dan Menyelamatkan Lingkungan

in ,

Game simulasi berkebun ala Harvest Moon, Stardew Valley, dan yang paling baru Doraemon: Story of Season memang memiliki keunikannya tersendiri. Gameplay yang sangat bervariatif, dengan elemen role-playing di dalamnya yang membuat game-game ini biasanya memiliki waktu permainan yang panjang yang membuat para pemainnya betah berlama-lama memainkannya.

Dan bila mayoritas game berkebun ini tentunya memang berfokus ke rutinitas berkebun dan bagaimana kamu bisa menjadi seorang pemilik kebun yang sukses, maka game buatan pengembang lokal ini melangkah lebih jauh dengan membuatmu memikirkan dampak lingkungan dari apa yang kamu lakukan selama memainkan gamenya.

Adalah Stairway Games, Pengembang game indie asal Yogyakarta Indonesia yang baru saja mengeluarkan teaser pertama tentang project terbaru mereka yaitu Coral Island.  Seperti yang diinformasikan, dalam Coral Island kamu akan menjadi “orang baru” yang berada di kota bernama Starlet Town. Dan seperti game-game berkebun pada umumnya kamu diminta untuk mulai memperbaiki, bercocok tanam, merawat, memanen dan juga mengembangkan kotamu.

Inovasi gameplay yang ditawarkan dari game ini sendiri adalah dimana semua aksimu dalam game akan berdampak pada lingkungannya. Sebagai contoh bila kamu memilih untuk menyelam untuk mencari koral sekaligus membersihkan sampah yang berserakan. Pada akhirnya kamu akan melihat lingkungan di area tersebut akan berkembang. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan saat ini dimana kesadaran masyarakat terhadap lingkungan tengah rendah.

Concept Art beberapa penduduk pulau yang akan kamu temui (Source: kabargames.id)

Untuk gamenya sendiri mengambil latar Asia Tenggara dengan lingkungan, vegetasi, dan juga ambience tropis yang diusung. Dengan grafik kartun yang sangat cocok untuk game-game berkebun ini nantinya kamu bisa mengkostumisasi karakter utamamu sesuai dengan keinginanmu, kamu juga bahkan bisa memilih style untuk rumahmu. Namun sayangnya masih belum diketahui bisa sedalam apa kostumisasi yang akan dimiliki Coral Island ini.

Kamu tentunya tidak akan hidup sendirian di Starlet Town nantinya, akan ada 50 orang penduduk pulau yang nantinya akan menemani petualanganmu selama di Pulau Koral. Tiap kareakter ini nantinya akan berasal dari berbagai etnis dan latar belakang, dan tentunya kamu bisa berinteraksi dengan mereka nantinya untuk menjalin hubungan.

Dalam Dev Update Maret kemarin Stairway Games menunjukkan bagaimana progres gamenya, dimana mereka menunjukkan bagaimana tampilan rumahmu, animasi berjalan dan ketika berinteraksi dengan lingkungan, serta performa gamenya di PC. Untuk sekarang mereka sendiri mengatakan bahwa gamenya masih belum optimal yang tentunya akan disempurnakan nantinya.

Coral Island sendiri masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan dan direncanakan akan dirilis pada 13 Februari 2021. Kamu juga mendapat informasi lainnya langsung dari Stairway Games lewat Twitter. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk memainkan game ini nantinya ketika dirilis tahun depan? Apa ekspetasimu untuk game lokal ini nantinya?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang game indonesia atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]