Waktunya Nostalgia! Inilah Game Horror Pertama di Dunia!

in
80s games
80s games

Akhir-Akhir ini para gamer diguncang oleh game horror yang sedang naik daun. Yups, game itu bernama phasmaphobia. Streamer dan YouTuber berbondong-bondong memainkan game horror ini walaupun masih early access. Tapi, apakah kamu tahu game horror pertama di dunia? Nah, kali ini saya akan bahas tentang game horror pertama di dunia, yaitu 3D Monster Maze.

3D Monster Maze adalah game bergenre horror yang dirilis di platform Sinclair ZX81 pada tahun 1982. Dalam game ini pemain akan menjelajahi labirin 3D yang berisi monster T-Rex. Setiap satu kali boot-nya, game akan menyajikan labirin yang berbeda, sehingga pemain sulit untuk memprediksi ke mana harus pergi atau bagaimana cara melarikan diri dari monster itu.

Pada jamannya, game ini dapat membuat pemain merasa gugup, tidak nyaman, tersesat dan takut. Game ini dibuat tanpa musik dan SFX sama sekali. Mungkin untuk beberapa orang game ini akan terdengar biasa saja. Akan tetapi, ketegangan yang dibuat game ini bukanlah berasal dari komponen audio.

Ketegangan dibuat melalui pesan yang muncul secara berkala di bagian bawah layar saat pemain menjelajahi labirin tersebut. Pesan itu dapat berupa ancaman seperti “He is hunting for you” atau  “Rex has seen you”. Pesan yang paling membuat pemain merasa terancam adalah “Run he is behind you”. Ditambah lagi game ini menggunakan sudut pandang first-person.

Sayangnya, mengingat saat itu teknologi masih sulit berkembang, game ini hanya berjalan di 6 FPS. Walau demikian, menurut Popular Computing Weekly, 3D Monster Maze adalah salah satu game yang mempunyai visual 3D terbaik.

Penasaran bagaimana rasanya bermain game tersebut? Kamu bisa coba gamenya disini.


Editor: Andy Julianto

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Horror atau artikel keren lainnya dari ClassyBranch. For further information and other inquiries, you can contact us via  author@gamebrott.com

 

Yuda Sanjaya

Written by Yuda Sanjaya

Person who Comeback to the Gaming world after 4 years get out to find the meaning of life.