Warframe Hilangkan Salah Satu Microtransactions Karena Seorang Player

PlayerShip2 1

Microtransactions memang nampaknya menjadi topik yang sering dibicarakan selama beberapa tahun belakangan ini. Topik ini semakin memanas ketika game Star Wars Battlefront 2 menyematkan microtransaction berupa lootboxes dimana digunakan untuk mendapatkan karakter ataupun perlengkapan yang tentunya berdampak lebih besar dalam permainan. Dan kemudian hal ini berujung pada negara-negara yang membuat undang-undang terkait microtransaction.

Warframe sebagai game free to play juga memiliki microtransaction sebagai salah satu penghasilan Digital Extremes selaku developer. Dalam interview yang dilakukan oleh NoClip, pihak warframe tidak menyangka ada seorang player yang menghabiskan uangnya hingga lebih dari $100 untuk sebuah fitur kosmetik milik Kubrow atau in-game virtual pet dalam Warframe.

Namun kosmetik untuk peliharaan in-game yang berupa fur pattern dan fur color ini dijual secara random, yang artinya player tidak dapat memilih, melainkan mendapatkan pola dan warna bulu Kubrow secara acak (mirip dengan lootbox). Item kosmetik yang dijual seharga $0.67 ini awalnya hanya sebuah ide untuk meningkatkan pendapatan. Mengetahui hal tersebut banyak fans yang sedikit kecewa, namun developer tetap mengimplementasikan microtransaction tersebut.

Tak lama kemudian tim developer mendapati seorang player yang menghabiskan hingga $137 hanya untuk kosmetik Kubrow. Menyadari bahwa mereka telah menciptakan sebuah ‘mesin judi’ bagi para player yang impulsif dalam melakukan pembelian dengan konsep perjudian. Alih-alih membiarkan atau menciptakan tipe microtransaction yang sama untuk item lainnya, Digital Extreme memilih untuk menghilangkan item kosmetik tersebut beberapa hari setelahnya.

Kami melihat seorang player membeli (item kosmetik yang telah dijelaskan sebelumnya) hingga lebih dari 200 kali. Dan kami hanya bereaksi seperti ‘ya gusti, apa yang telah kami lakukan? Kami telah menciptakan mesin judi.’ Sekitar dua hari kemudian kami langsung menarik item tersebut. Hal itu merupakan salah satu penyesalan terbesar kami.

—Digital Extremes

Walau demikian, Warframe memang cukup dikenal sebagai game yang cukup seimbang, dimana sebagai game online yang dapat dimainkan secara gratis, game ini memiliki lingkungan yang tidak ‘pay to win’ dan microtransaction sendiri tidak mendekati konsep perjudian. Ditambah dengan developer yang rajin memberikan update secara berkala, membuat game yang telah burumur 5 tahun ini tetap ramai dimainkan dan komunitas yang aktif.


https://youtu.be/cPtTEhShuqI


Kamu bisa melihat cuplikan interview NoClip dengan pihak Warframe yang dibagi menjadi part 1 dan part 2. Warframe dapat kamu mainkan secara gratis di PC, PS4 dan Xbox One.

Via: Game Rant

Exit mobile version