Waspada dengan Situs Palsu Zoom yang Sebarkan Malware!

Situs Palsu Zoom 2024

Di zaman yang semakin modern ini, ada banyak sekali kemudahan yang ditawarkan, salah satunya adalah aktivitas tatap muka yang dilakukan secara daring lalui aplikasi. Walau memudahkan, namun kalian harus waspada, karena kami menemukan adanya situs palsu Zoom yang menyebarkan malware.

Malware Ini Menyebar Lalui Situs Palsu Zoom Abal-Abal!

Pola penyerangan secara tidak langsung dari peretas

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, tampaknya tidak hanya majukan infrastruktur yang telah ada, namun juga meningkatkan ‘kreativitas’ dari sekumpulan orang jahat di internet.

Lalui informasi yang kami lansir dari TechRadar, aksi peretasan kini tampak dilakukan dengan lebih ‘halus’, di mana para peretas membuat kloningan situs palsu dari bermacam situs yang ramai digunakan masyarakat saat ini.

Dalam temuannya, dilaporkan situs palsu Zoom, Skype, dan Google Meet dibuat sedemikian rupa supaya tampak sebagaimana tampilan aslinya. Selain membuat tampilan yang benar-benar mirip, situs tersebut juga menyertakan link download aplikasi yang disuntik malware.

Kalau kalian mengunduh aplikasi dari situs palsu tersebut, aplikasi tersebut akan menjalankan program di background, dan mengeksekusi sejenis Remote Access Trojan (RAT), di antaranya adalah NjRAT dan DCRat yang sasar Windows, dan Spynote RAT yang mengincar Android.

Tampilan situs palsu Zoom

Lebih lanjut, dikatakan bahwa kehadiran situs abal-abal ini mulai ramai pada akhir tahun 2023. Yang konon dikatakan dibuat oleh orang Russia, dan memang dibuat untuk mengincar para user negara tersebut.

Awas, jangan sampai kalian mengetikkan nama situs ini!

Ketika kami iseng menguliknya, terdapat satu hal menarik selain tampilannya yang identik, di mana link aplikasi iOS justru mengalihkan kita ke link download aslinya. Artinya, para peretas memang mengincar user Android dan Windows yang menyumbang user terbanyak di seluruh penjuru dunia.

Gimana Cara Terhindar dari Ancaman Situs Palsu Ini?

Jangan sampai salah mengetikkan nama situs yah, brott!

Kehadiran situs abal-abal ini pastinya meresahkan, terlebih bila yang gunakannya benar-benar awam dengan internet. Tenang, kami akan memberikan beberapa tips singkat supaya kalian terhindar dari ancaman situs palsu semacam ini, di antaranya:

Intinya sih, tetaplah waspada di zaman yang semakin maju ini yah, brott!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version