Waspada Hoaks! Video Perang Ukraina Ini Sebenarnya Adalah Gameplay Arma 3

Perang Ukraina Arma 3

Seperti yang sudah diketahui, situasi di dunia saat ini memang sedang kurang baik. Terdapat berbagai permasalahan yang hingga kini masih belum kunjung terselesaikan. Salah satunya yaitu konflik perang Ukraina dan Rusia yang sempat menimbulkan pertempuran besar dan memakan banyak korban.

Konflik perang Ukraina – Rusia tersebut memang saat ini sedang viral dan sering menjadi topik perbincangan hangat, terutama di dunia maya. Sayangnya, hal tersebut justru banyak dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab demi menyebarkan hoaks atau berita bohong. Contohnya seperti video viral berikut ini yang seolah-olah terlihat seperti video amatir pertempuran di wilayah Ukraina, hingga akhirnya terbukti bahwa video yang dimaksud sebenarnya merupakan gameplay dari Arma 3.

Cuplikan game Arma 3 jadi bahan hoaks untuk video perang ukraina

Waspada Hoaks! Video Perang Ukraina Ini Sebenarnya Adalah Gameplay Arma 3 2

Dilansir dari situs Bloomberg, sebelumnya video tersebut sempat viral melalui salah satu akun fanpage di Facebook dengan caption “Breaking News” yang berhasil meraup 110 ribu penonton dan telah dibagikan sebanyak 25 ribu kali. Tak lama setelah terbukti hoaks, video perang Ukraina yang memperdaya banyak orang itu pun langsung dihapus oleh pihak Facebook.

Sayangnya penyebarannya tak berhenti disitu saja, video pun kembali mengemuka di platform media sosial Twitter. Video yang diberi judul “Ukraine fires missiles to intercept Russian aircraft’s artillery fire” tersebut berhasil meraih 11 ribu like dan di-retweet hampir 2 ribu kali. Sama halnya seperti di Facebook, video pun akhirnya dihapus oleh pihak Twitter. Berikut video yang dimaksud (sumber: Kotaku):

Kejadian seperti ini sebenarnya sudah cukup sering terjadi dimana sebuah gameplay dari video game disalah sangkakan dengan kejadian dunia nyata, baik sengaja maupun tidak disengaja. Hal tersebut dikarenakan kemajuan grafis pada video game yang saat ini semakin terlihat nyata sehingga membuatnya semakin mudah untuk dipercaya. Terlebih pada game Arma 3 yang memang memiliki skenario perang dengan konsep yang realistis.

Peristiwa ini tentunya dapat dijadikan pelajaran untuk terus menyaring kebenaran dari semua berita yang kita terima. Terlebih pada saat-saat seperti ini dimana sebuah berita hoaks dapat beredar dengan mudah dan mampu menimbulkan kepanikan massa. Untuk itu, jangan lupa untuk tidak menelan berita secara mentah-mentah dan selalu pastikan segala sumber yang kalian dapat bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Arma 3 serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version