[RUMOR] WhatsApp Dukung Bertukar Pesan dengan Aplikasi Messaging Lain

Whatsapp Dukung Bertukar Pesan

Aplikasi pesan instan mungkin akan mengalami perubahan yang cukup signifikan beberapa waktu lagi. Dimulai dari WhatsApp yang akan mendukung layanan perpesanan dengan aplikasi pihak ketiga.

Seperti yang kita ketahui, semua aplikasi messaging saat ini hanya mendukung berkirim pesan atau chat dengan aplikasi yang sama. Tapi, tampaknya hal ini akan berubah kedepannya setelah mendapatkan tekanan dari regulator di Eropa sana.

WhatsApp Dukung Bertukar Pesan dengan Aplikasi Pihak Ketiga

WhatsApp dirumorkan dukung bertukar pesan dengan aplikasi lain

Berdasarkan sumber dari WhatsApp beta untuk Android, aplikasi dari Meta ini terlihat mempunyai sebuah halaman yang ditujukan untuk pesan dari aplikasi diluar WhatsApp. Tampilan bernama Third-party Chats ini masih kosong dan sepertinya dalam tahap awal pengembangan.

Hadirnya fitur ini merupakan buntut dari peraturan baru di Uni Eropa tahun lalu yang meminta aplikasi instant messaging bisa bekerja sama dengan aplikasi sejenis. Hal ini bertujuan untuk membuat komunikasi terasa lancar bagi setiap orang diluar dari aplikasi apa yang mereka gunakan.

Third-party chats

Walau kedengarannya tidak mungkin terjadi, nyatanya sekarang Meta sudah mulai mencoba hadirkan fitur ini. Yang jelas tentu WhatsApp tidak bisa bergerak sendiri. Berbagai aplikasi instant messaging lainnya juga harus ikut serta merilis fitur yang sama agar teknologi ini beroperasi.

Fitur Masih Placeholder, Belum Tahu Kapan Rilis

Belum bisa dipastikan kapan hadir

Untuk saat ini belum dapat dipastikan kapan akan diimplementasikan ke versi publik. Tentunya kita harus menunggu aplikasi lain melakukan hal yang sama. Bukan tidak mungkin jika kedepannya berbagai aplikasi sudah terintegrasi, pengguna sudah tidak perlu lagi mempunyai beberapa aplikasi perpesanan instan untuk bisa saling terhubung.

Langkah EU ini bisa meminimalisir pengguna harus berpindah-pindah aplikasi hanya untuk memberi kabar. Walau kita tidak tahu bagaimana implementasinya kedepan, yang jelas ide seperti ini cukup baik jika bisa berjalan dengan tanpa kendala. Bagaimana menurut kalian?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version