WhatsApp Tidak Menyadap Mikrofon, Ternyata Bug dari Google

Whatsapp Tidak Menyadap

WhatsApp tidak menyadap – Artikel sebulan lalu dimana ada kejadian yang membuat heboh pengguna sosial media karena aplikasi pesan instan WA disinyalir menyadap penggunanya lewat mikrofon. Ternyata hal ini dialami oleh beberapa pengguna dan mereka mendapati kalau WhatsApp secara konsisten mengakses mikrofon di smartphone mereka.

Namun sepertinya keadaan tidak seperti yang kita duga selama ini karena ternyata WhatsApp tidak melakukan penyadapan sama sekali dan semua ini hanya sebatas satu salah paham saja. Jadi, sebenarnya apa yang terjadi?

Ternyata Bukan WhatsApp yang Menyadap Mikrofon

Diduga menyadap percakapan ternyata salah paham

Intinya semua ini karena sebuah bug dari pihak Google yang membuat ponsel Android mereka terlihat mengakses mikrofon terus-menerus. Google mengatakan kalau itu karena Android salah dalam atribusi informasi terkait Privacy Dashboard. 

Google pun meminta untuk semua pengguna pesan instan tersebut untuk melakukan update ke versi terbaru. Hal ini sebenarnya sudah ditemukan oleh pihak WA setelah kasus kemarin dan butuh dua bulan untuk mendapatkan update yang memberikan fix terhadap bug tersebut.

Bug bukan dari pihak WA

Bug ini juga dikatakan hanya menjangkiti sebagian kecil pengguna WA dan wajar saja mengapa kalian tidak ikut merasakannya. Hanya saja sampai sekarang masih tidak diketahui apa penyebab bug ini bisa terjadi.

Penyadapan Tidak Pernah Dilakukan

Penyadapan diklaim tidak pernah dilakukan

Pihak WABetaInfo juga memberikan klarifikasi kalau sebenarnya tidak ada penyadapan yang dilakukan oleh aplikasi pesan instan tersebut. Mereka tidak benar-benar mengakses mikrofon dan hanya sebatas ‘terlihat’ mengakses saja.

Tapi wajar saja hal ini menimbulkan panik karena mereka merasa sedang disadap padahal tidak sedang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan mikrofon. Hanya saja pengguna masih harus tetap waspada karena di era yang serba digital ini. Privasi data menjadi sebuah komoditas yang bisa diperjualbelikan, maka setiap pengguna harus menjadi baik-baik data pribadi mereka.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version