WhatsApp Ujicoba Fitur Agar Kamu Bisa Berbagi Story Ke Facebook Dan Instagram

whatsapp security privacy

WhatsApp sedang menguji gagasan untuk membiarkan para penggunanya membagikan pos dari status WhatsApp mereka dengan aplikasi lain. Mulai hari ini, pengguna dalam program beta WhatsApp akan mulai melihat opsi berbagi baru di bawah status mereka, yang dapat digunakan untuk memposting status langsung ke cerita Facebook mereka atau mengirimkannya ke aplikasi lain seperti Instagram, Gmail, atau Foto Google. WhatsApp Status adalah fitur story sepertiyang ada pada Instagram yang memungkinkan kalian untuk memposting gambar, teks, dan video di profil kalian yang hilang setelah 24 jam.

Yang menarik disini adalah, meskipun ada tautan langsung untuk membagikan status kalian ke Facebook, WhatsApp tidak akan membuat kalian menautkan akun kalian di kedua layanan tersebut. Alih-alih, itu menggunakan API berbagi data iOS dan Android yang sama dengan setiap aplikasi lainnya, yang berarti data ditransfer antara aplikasi di perangkat. Bahkan jika kamu berbagi data ke layanan milik Facebook lain seperti Instagram, WhatsApp mengatakan kedua pos tersebut akan menjadi peristiwa terpisah dalam sistem Facebook, dan mereka tidak akan ditautkan. Juga tidak ada pilihan untuk membagikan status WhatsApp kalian secara otomatis ke layanan lain.

WhatsApp harus berhati-hati dalam menciptakan kesan berbagi data dengan Facebook, mengingat track record perusahaan tersebut yang terkena berbagai kasus tentang keamanan data penggunaya.

Ketika Facebook memperoleh layanan pesan kembali pada tahun 2014, WhatsApp berjanji bahwa itu tidak akan membagikan data pengguna dengan Facebook dan mengatakan bahwa itu akan berfungsi “secara mandiri dan mandiri.” Itu berubah pada tahun 2016 ketika perusahaan mengatakan akan mulai berbagi data pengguna dengan Facebook . Sejak itu, Facebook telah diberitahu oleh regulator Perancis dan Jerman untuk menghentikan praktik tersebut. Pada 2017, perusahaan tersebut didenda $ 122 juta oleh Komisi Eropa karena menyesatkan regulator tentang sejauh mana ia dapat menautkan akun sebelum akuisisi.

Agar jelas, fitur berbagi status baru WhatsApp tidak melakukan salah satu dari berbagi data yang membuat Facebook bermasalah di masa lalu. Tetapi ketika Facebook bergerak menuju memungkinkan pengguna dari ketiga layanan utamanya untuk saling mengirim pesan melalui satu secara teknis, bahkan fitur yang tampaknya tidak berbahaya seperti ini dapat berisiko menjadi rawan dalam keamananya .

 

Jangan lupa untuk membaca berita dan artikel menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version