Wi-Fi 7 Resmi Meluncur, Tawarkan Kecepatan dan Kestabilan Lebih Baik dari 6E

Wi Fi 7 Resmi

Tahap finalisasi teknologi Wi-Fi 7 sepertinya telah usai. Standar terbaru teknologi jaringan nirkabel ini sudah mulai dikembangkan sejak 2021 silam oleh Qualcomm dan kini sudah bisa dikatakan rampung.

Standar terbaru teknologi Wi-Fi dimaksud sudah resmi bisa digunakan pada beberapa perangkat yang mendukungnya. Termasuk diantaranya juga akan ada beberapa perangkat baru yang dirilis untuk bisa gunakan teknologi nirkabel terbaru ini. Lantas seberapa cepat ia dibandingkan dengan Wi-Fi 6E?

Wi-Fi 7 Resmi Diluncurkan, Apa Bedanya dengan Wi-Fi 6E?

Logo Wi-Fi terbaru

Langsung dari organisasi yang menaungi teknologi Wi-Fi itu sendiri yaitu Wi-Fi Alliance mengumumkan kalau kini teknologi terbaru sudah bisa pengguna cicip jika memiliki perangkat yang mendukung. 

Standar terbaru ini (IEEE 802.11be) akan mulai tersedia untuk laptop, smartphone, TV, desktop, router, dan juga tablet. Dikabarkan pula smartphone pertama yang dapatkan dukungan teknologi mutakhir ini adalah Samsung Galaxy S24 Ultra.

Spesifikasi yang diusung Wi-Fi 7 juga alami peningkatan pesat bila dibandingkan dengan Wi-Fi 6E. Ia mendukung jaringan 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz sekaligus dengan lebar kanal 320MHz. Frekuensi dimaksud dapat dinikmati bila negara tersebut mengizinkan frekuensi 6GHz untuk dimanfaatkan sebagai jaringan Wi-Fi.

Teknologi Wi-Fi terbaru ini akan punya peningkatan throughput signifikan dimana kini ia bisa mencapai 46GBps, generasi sebelumnya yaitu 6E hanya punya throughput sebesar 9,6GBps.

Butuh Waktu Bagi Router Wi-Fi 7 dan Perangkat Mendukung Rilis di Pasar

Router Wi-Fi 7 masih sulit ditemukan

Soal latency, teknologi baru rampung ini juga sudah mendukung MLO atau Multi-Link Operation yang membolehkannya mengirim serta menerima data sekaligus dalam beberapa link untuk meningkatkan throughput, mengurangi latency, serta menjaga kestabilan jaringan.

Berbagai kenaikan fitur seperti 4K QAM, 512 Compressed Block-ack, Multiple RUs to a Single STA, Triggered Uplink Access, dan juga Emergency Preparedness Communication Services (EPCS) juga turut hadir.

Seperti biasanya, butuh waktu yang tidak sebentar agar standar baru ini menjadi mainstream di pasaran. Berbagai perangkat baru akan mendukung teknologi ini akan mulai tersedia secara perlahan beberapa bulan kedepan. Apakah kalian sudah tidak sabar mencicipi teknologi terbaru ini?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version