Wikipedia Pertanyakan Eksistensi NFT Sebagai Karya Seni

Wikipedia Vs Nft

Tampaknya kita baru saja mencium minggu ketiga pada tahun baru, namun permasalahan di dunia teknologi terutama NFT, malah makin memanas. Kali ini bukan masalah ‘pencurian’, karena kami mendapati beberapa editor Wikipedia yang pertanyakan eksistensi NFT sebagai karya seni kekinian.

Tertulis Secara Rinci di Laman Wikipedia

Bila sebelumnya kita disuguhi bermacam drama di mana non-fungible token alias NFT terlalu mudah untuk disimpan, kini permasalahannya sedikit berbeda. Karena kali ini kami mendapati informasi bahwa beberapa editor di Wikipedia dikatakan sok tahu karena katakan NFT bukanlah karya seni.

Sumber: Wikipedia

Tampak bahwa banyak sekali perdebatan pada platform ensiklopedia online tersebut yang dimulai pada akhir tahun silam. Di mana para editor tersebut mempertanyakan apakah karya seni buatan Mike Winkelmann alias Beeple dihitung sebagai karya seni berbentuk NFT.

Bukanlah sebuah karya seni abal-abal, melainkan NFT yang dibanderol hampir 1 Triliun Rupiah berkat ‘nilai seni’ yang ditawarkan.

Tak butuh waktu lama, ‘diskusi sehat’ yang dilakukan berubah menjadi sebuah semantik. Para editor di platform Wikipedia seolah dibuat bingung berkat NFT itu sendiri. Apakah karya seni yang dibanderol mahal tersebut harus dikategorikan menjadi ‘penjualan karya seni’, atau ‘penjualan NFT’.

Beberapa editor di platform Wikipedia bahkan dikatakan sok tahu karena katakan bahwa NFT bukanlah karya seni, dan memang tak sepantasnya.

SiliconRed, seolah wakilkan mereka-mereka yang tak mendukung bahwa NFT adalah karya seni. Dalam diskusi sehat yang berlangsung beberapa waktu silam, editor tersebut tekankan bahwa NFT harus sepenuhnya dihapus dari daftar karya seni.

Contoh NFT yang baru-baru ini viral di Indonesia, Ghozali

Salah seorang editor bernama Pmmccurdy, lontarkan pernyataan menarik dalam perdebatan yang menurut kami cukup panas tersebut. “Bagaimana kita bisa mencapai konsensus bila tak ada solusi untuk hal ini? Saya telah masukkan NFT ke dalam daftar karya seni, berikut bukti-bukti untuk perkuat eksistensi NFT merupakan karya seni. SiliconRed terkesan sok tahu.”

Bermain aman, SiliconRed menutup ‘diskusi sehat’ tersebut dan akan membukan sesi diskusi panas lainnya di kemudian hari. Selain itu, editor tersebut kini benar-benar hapus NFT dari daftar karya seni.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version