Windows 11 Punya Fitur ‘Anti-Lag’ Berkat Tenaga Ahli dari Valve

Windows 11 Cover
Valve sumbang tenaga ahli ke Microsoft.

Lagging atau tersendat bisa menjadi salah satu hal yang menjengkelkan saat memainkan video game. Ini terjadi karena packet loss dan masalah koneksi lain. Beruntungnya, Windows 11 yang miliki fitur untuk mengatasinya berkat bantuan salah satu tenaga ahli Valve.

Melansir GamesRadar, Valve sumbang tenaga ahlinya untuk membuat sebuah fitur bernama Wi-Fi Dual Station bersama Qualcomm. Fitur ini mengurangi latensi koneksi hingga 4x lipat jika dibandingkan dengan teknologi yang telah ada saat ini.

Windows 11 miliki fitur gaming yang didukung oleh Microsoft sepenuhnya. Beberapa di antaranya tentu saja Auto-HDR dan fitur gaming yang lebih baik lainnya. Salah satu yang juga mereka tambahkan adalah Wi-Fi Dual Station untuk atasi lag saat memainkan game.

Wi-Fi Dual Station adalah tambahan yang akan tingkatkan performa Wi-Fi gaming di beberapa laptop dan device nirkabel.

Seorang analis Moor Insights & Strategy, Anshel Sag menjelaskan melalui akun Twitternya bahwa Wi-Fi Dual Station ini akan mengirim data yang sama ke kedua Wi-Fi 6 band yang berbeda.

Sag melanjutkan bahwa untuk melakukannya, server game perlu mengirim dua (data) stream yang mana akan diproses oleh sistem operasi dan diubah ke sebuah (data) stream dengan latensi terbaik dengan packet drop terkecil dalam jaringan Wi-Fi.

Menurut Sag, alasan kenapa Valve dan Qualcomm harus bekerjasama untuk membuat teknologi ini adalah karena server game dan klien sistem operasi harus bersinkronasi bersama untuk mengaktifkan Wi-Fi Dual Station.

Teknologi Wi-Fi Dual Station wajib digunakan menggunakan chip Wi-Fi Qualcomm FastConnect 6900 yang segera dirilis dalam waktu dekat untuk Windows 11.


Baca lebih lanjut tentang Windows, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version