Windows Copilot 22H2 Moment 4 dan AMD Adrenalin Software Tidak Akur, Bikin Driver Display Reset

Windows Copilot 22h2

Microsoft memang baru saja meluncurkan update 22H2 Moment 4 untuk pengguna Windows 11. Di dalamnya ada fitur baru yang sudah diperkenalkan sejak beberapa bulan lalu yaitu Windows Copilot. Fitur AI ini merupakan salah satu cara Microsoft untuk tetap terdepan dalam urusan kecerdasan buatan.

Namun, layaknya update Windows pada umumnya. Bukannya memperbaiki bug, malah mendatangkan petaka baru. Kali ini, update 22H2 Moment 4 malah membawa bencana bagi pengguna kartu grafis AMD.

Windows Copilot 22H2 dan AMD Adrenalin Software Bentrok, Bikin Driver Reset

Copilot

Dari laporan pengguna di Reddit, beberapa pengguna menemukan kalau fitur Windows Copilot tidak akur dengan software AMD Adrenalin. Mereka mendapati kalau software Adrenalin mereka sering reset ke pengaturan awal dan muncul pesan error.

Keanehan ini selalu muncul setiap kali komputer boot dan pesan error juga muncul. Padahal pengguna tersebut juga tidak mengubah pengaturan apapun disana. Memang secara fungsi tidak ada yang berubah dan game masih bisa berjalan lancar layaknya biasa.

Bikin software Adrenalin nge-bug

Tapi menjadi masalah ketika pengguna menggunakan profile overclocking atau mengubah fan curve lewat software tersebut. Mau tidak mau mereka harus mengatur ulang setiap kali komputer booting.

Sudah Ada Solusi Sementara

Pengguna bisa manfaatkan Vivetool

Untungnya, pengguna sudah mendapatkan solusi sementara yang bisa langsung diaplikasikan. Melalui forum AMD, seorang pengguna berhasil mengatasi masalah ini dengan mematikan fitur Windows Copilot.

Caranya adalah pengguna harus mendownload Vivetool, sebuah software command berfungsi untuk mematikan Copilot. Begitu selesai dimatikan, maka sudah tidak ada lagi pesan error atau driver Adrenalin di-reset setiap boot.

AI memang menjadi fokus baru Microsoft. Wajar saja setelah mereka jor-joran dalam kerjasama ke OpenAI, mereka tentu tidak ingin uang yang sudah dibelanjakan ini terbuang sia-sia. Maka itulah Microsoft benar-benar percaya AI akan membantu pengguna dalam mengoperasikan komputer (setidaknya kalau tidak ada bug).


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version