Windows Defender Kini Miliki Proteksi Ransomware

in ,
Windows Defender

Kami sekarang telah resmi hadir di platform Tiktok, Follow akun Tiktok kami di @gamebrott.com untuk menjumpai berbagai informasi serta konten-konten video menarik kami lainnya.

Kami sekarang telah resmi hadir di platform Tiktok! Follow akun Tiktok kami di @gamebrott.com untuk menjumpai berbagai informasi serta konten-konten video menarik kami lainnya.


Ransomware apapun yang masuk langsung diblokir.

Selama beberapa tahun terakhir, ransomware kembali diperbincangkan karena keganasannya yang semakin menjadi. Umumnya ransomware hadir di website dengan banyak iklan nakal dan tersembunyi. Ia juga tak jarang disisipkan di link mencurigakan yang dikirimkan via e-mail.

Cara kerja ransomware juga cukup berbeda. Jika virus konvensional umumnya akan mengacaukan beberapa file saja dan merusaknya, maka ransomware lebih gila lagi. Virus ini tak hanya mengunci semua file penting seperti doc dan yang lain, namun juga meminta tebusan korbannya melalui sejumlah uang yang dibayarkan via mata uang crypto.

Perusahaan antivirus telah berlomba-lomba untuk menanggulangi kasus ini. Beberapa telah berhasil melakukannya dan Microsoft mengikutinya secara senyap mulai hari ini.

Melansir Forbes dan channel YouTube PC Security, Microsoft baru saja menambahkan ransomware protection di Windows Defender. Pengguna hanya perlu melakukan search “ransomware protection” di start menu dan centang “controlled folder access”. Fitur ini akan menghentikan aplikasi yang “tidak bersahabat” agar tidak bisa mengganti file, folder, dan memori dalam komputer.

Lebih lanjut PC Security mengujicobanya menggunakan ransomware dan ia bekerja dengan sangat baik dengan memblokir dan menghentikannya. Namun pengguna disarankan untuk tidak bergantung sepenuhnya pada fitur tersebut. Hal ini karena banyak malware lain yang bisa saja lepas dari pengawasannya.

Selain itu pengguna juga disarankan untuk tidak membuka link apapun dari email yang tidak dikenal.

Tentu saja menu ini tidak akan bisa diakses bagi pengguna yang telah memasang antivirus pihak ketiga seperti BitDefender, ESET, Kaspersky, dan yang lain. Fitur ini hanya bisa digunakan oleh mereka yang hanya menggunakan Windows Defender sebagai antivirusnya.


Baca lebih lanjut tentang Windows Defender atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Written by Ayyadana Akbar

Sr. Writer and Video Editor.
Mostly will cover PC/Console Japanese game, RPG, and shooter games.
Contact him at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.